PERBEDAAN MOTIVASI, STRATEGI BELAJAR DAN NILAI MATA KULIAH ANATOMI FISIOLOGI: STUDI POTONG LINTANG MAHASISWA PUTRA DAERAH DAN BUKAN PUTRA DAERAH JURUSAN IPA DAN NON IPA DI PROGRAM STUDI D-III KEPERAWATAN MANOKWARI POLITEKNIK KESEHATAN KEMENKES SORONG
RUTH HARRIET FAIDIBAN, dr. Mora Claranita, MHPE, Ph.D.
2015 | Tesis | S2 Ilmu Pendidikan KedokteranLatar belakang: Motivasi diakui sebagai faktor penting dalam proses pembelajaran. Apabila motivasi disertai dengan strategi belajar yang tepat akan mempengaruhi pencapaian prestasi akademik yang optimal. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui adanya perbedaan motivasi, strategi belajar dan nilai Mata Kuliah Anatomi Fisiologi mahasiswa putra daerah asal SMA IPA, non IPA dan bukan putra daerah asal SMA IPA, non IPA. Subjek penelitian adalah mahasiswa diploma tiga keperawatan tahun pertama, berjumlah 67 mahasiswa, yang terdiri dari 45 mahasiswa putra daerah dan 22 mahasiswa bukan putra daerah. Metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Data diperoleh melalui kuesioner Academic Motivation Scale (AMS) yang dikembangkan oleh Vallerand, dan Approaches and Study Skills Inventory for Students (ASSIST) yang dikembangkan oleh Entwistle. Hasil penelitian menunjukkan rerata nilai Anatomi Fisiologi mahasiswa putra daerah lebih rendah dari bukan putra daerah, rerata nilai mahasiswa IPA lebih tinggi dari non IPA. Perbedaan signifikan pada nilai Anatomi Fisiologi mahasiswa IPA dan non IPA baik putra daerah maupun bukan putra daerah. Kesimpulan penelitian adalah, perbedaan prior knowledge dan sosial budaya mempengaruhi prestasi, sehingga disarankan untuk memfasilitasi mahasiswa dengan materi dasar ilmu pengetahuan alam bagi mahasiswa non IPA pada awal perkuliahan berupa matrikulasi. Mahasiswa dari sosial budaya yang berbeda, perlu berinteraksi dengan lingkungan pembelajaran baru, perlu pertimbangan penyediaan asrama bagi mahasiswa baru.
Background : Motivation is recognized as an important factor in learning process. Motivation will influence academic achievement if it is followed by appropriate learning strategy. The aim of research : for knowing difference in motivation, learning strategy, and value of skill subject Anatomy Physiologi score of native student row input exact and non exact science with non-native student row input exact and non exact science. Research subject : 67 first year students of Manokwari nursing diploma program, consist of 45 native students and 22 non native students. Research methode : this research was quantitative methode with cross sectional approach. Survey was done by using questionaires : Academic Motivation Scale (AMS) which developed by Vallerand and Approached and Study Skills Inventory for Students ( ASSIST) which developed by Entwistle. Result : Anatomi Fisiologi average score of native students is lower than non native students while average score of exact students is higher than non exact student. There is significant difference on Anatomi Fisiologi score exact students and non exact students wether from native or non native students. Conclusion : difference prior knowledge and socio-cultural are influence student achievement, strongly suggested to facilitate the student for basic science for exact subject for student row input non exact in the beginning of teaching such as matriculation. Student’s difference socio-cultural back ground, need to initiation with new society, high consideration for providing boarding house for all new student.
Kata Kunci : motivasi, strategi belajar, nilai Anatomi Fisiologi, karakteristik mahasiswa