PELAPORAN KEJADIAN TIDAK DIHARAPKAN/KTD DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT SANTO VINCENTIUS SINGKAWANG DAN FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI
SIOK IEN AL. TAN GIOK NIO AL. NURTANTI INDRIYANI, dr. Tjahjono Kuntjoro, MPH., Dr.PH.
2015 | Tesis | S2 Ilmu Kesehatan MasyarakatLatar belakang: WHO pada tahun 2004 mempublikasikan angka-angka penelitian di RS diberbagai negara, ditemukan KTD dengan rentang 3,2%-16,6%. Di Indonesia data tentang KTD masih langka, namun terjadi peningkatan tuduhan “mal praktek†yang belum tentu sesuai dengan pembuktian akhir. Sejak tahun 2010 program patient safety dan pelaporan insiden sudah dilaksanakan RS Santo Vincentius, namun hasil pelaporan KTD masih rendah. Tujuan: Untuk mengidentifikasi KTD yang didapat dari pelaporan insiden dibandingkan KTD yang dihitung dengan IHI Trigger Tool, mengidentifikasi faktor-faktor individu dan manajerial yang mempengaruhi pelaporan insiden. Metode: Studi kasus eksplorasi dengan rancangan desain kasus tunggal terpancang. Identifikasi KTD diperoleh dari data pelaporan insiden dan review rekam medik (November 2013-Januari 2014). Faktor-faktor yang mempengaruhi pelaporan insiden diperoleh dari kuesioner petugas kesehatan dan wawancara mendalam direksi rumah sakit. Hasil: Pelaporan Insiden di ruang rawat inap dewasa mendapatkan 3 KTD dari 13 kejadian yang dilaporkan. Sedangkan review 481 rekam medis dengan IHI Trigger Tool mendapatkan 130 harm dari 2175 hari rawat, dengan rata-rata 59,8 harm per 1000 hari rawat atau 27 harm per 100 pasien rawat inap. Harm terbanyak adalah infeksi nosokomial 63, medication 22, transfer pasien 18, tranfusi darah 8, ulkus dekubitus 5. Kebijakan patient safety dituangkan dalam pembentukan Tim KPRS, panduan, prosedur keselamatan pasien dan pelaporan insiden, hasil dari wawancara: sosialisasi kebijakan belum menjangkau seluruh tenaga pelaksana. Pengetahuan petugas kesehatan terhadap patient safety dan pelaporan insiden cukup tinggi. Sikap dokter dan perawat terhadap patient safety : tingkat respon positif paling tinggi untuk iklim keselamatan(81,3%vs93,8%), sikap positif terendah adalah pengenalan stres (31,3% vs 18,8%). Penyebab utama hambatan pelaporan insiden untuk dokter: tidak ada umpan balik hasil pelaporan(43,8%), perawat: formulir insiden terlalu rumit sehingga menyulitkan pengisian (43,8%). Kesimpulan: Kebijakan patient safety, KTD dan pelaporan insiden sudah ada, pengetahuan dan sikap petugas terhadap patient safety cukup baik namun angka KTD berdasarkan pelaporan insiden masih rendah dibandingkan KTD dihitung dengan IHI Trigger Tool, karena sosialisasi kebijakan belum menjangkau petugas pelaksana. Hambatan utama pelaporan insiden adalah kurangnya umpan balik hasil pelaporan.
Background: In 2004 WHO published number of hospital researches in several countries which found that adverse event range from 3,2% to 16,6%. In indonesia, the adverse event data are still rare, however in 2010 Patient Safety Program and incident reporting program have been held in Santo Vincentius Hospital although the result of adverse event reporting is still low. Objective: To identify adverse event received from incident reporting, adverse event is counted by using IHI Trigger Tool, identifying individual and manajeral factors influencing incident reporting. Method: The research is an exploration case study with embeded single case study. Results and Discussion: The reporting of incidents in inpatient get 3 adverse event from 13 incidents reported. While review of 481 medical records with IHI Trigger Tool get 130 harm from 2175 inpatient days with avarage 59,8 harm per 1000 inpatient days or 27 harm per 100 inpatient patients. The highest harm is nosokomial 63, medication 22, patient transfer 18, blood transfusion 8, and ulkus dekubitus 5. Policy of Patient Safety is implemented in the making of Patient safety Team, guidline, patient safety and incident reporting procedure. Interview result: socialization has not reached action staffs. The attitude of the doctors and nurses toward the patient safety, the most positive respond to safety climate (81,3% vs 93,8%), the least positive respond is defining stress (31,3% vs 18,8%). The main obstacle cause of incident reporting for doctor is there is no feedback of reporting (43,8%). Conclusion: The patient safety policy, adverse event and incident reporting have already implemented. The knowledge and the attitude of medical staffs toward patient safety, adverse event and incident reporting are quite enough, however the numbers of adverse event based on the incident reporting are still low compared with adverse event counted with IHI Trigger Tool because the socialization of the policy is not sufficient and lack of feedback from the reporting results.
Kata Kunci : KTD, IHI Trigger Tool, kebijakan patient safety, Pelaporan Insiden