PERANCANGAN SISTEM PENGISIAN BATTERY SENDIRI SECARA OTOMATIS UNTUK PENGEMBANGAN MEDIA PENDIDIKAN DAN PENELITIAN SEPEDA LISTRIK
HARI RAHARJO, Ahmad Agus Setiawan, ST, M.Sc,Ph.D.
2015 | Tesis | S2 Ilmu LingkunganSepeda listrik merupakan kendaraan tanpa bahan bakar minyak yang digerakan oleh motorlistrik dan baterai sebagai sumber tenaganya. Penggerak listrik mempunyai kelebihan yaitu tanpa bahan bakar dan oli serta tanpa pembakaran sehingga tidak menimbulkan polusi namun memilih kelemahan mendasar yaitu kemampuan baterai yangterbatas. Karena itu dibutuhkan sebuah sistem penggerak listrik yang tepat agar diperoleh kerja maksimal, selain itu diperlukan pula suatu sistem instalasi pemanfaatan perputaran roda agar diperoleh sumber listrik yang mampu mensuplai energi tambahan ke baterai agar lebih tahan energinya, instalasi pengisian yang dapat digunakan kapan saja dan di mana saja, Secara umum system pengisian berfungsi menyediakan energi listrik untuk menghidupkan perlengkapan kelistrikan mobil atau sepeda motor dan mengisi baterai agar baterai tetap terisi penuh. Untuk itu diperlukan komponen utama seperti generator, Dioda, Control Electronik dan Mekanisme penggerak Tempat penelitian data system pengisian battery sendiri kendaraan listrik di Lab Jurusan Teknik Kendaraan Ringan, SMK Negeri 2 Klaten, dengan alamat: Senden, Ngawen, Klaten. Hasil pengujian diperoleh Pada penelitian ini dilakukan pengambilan data sebanyak 8 kali pengambilan data untuk masing-masing Pengambilan terdiri atas 6 data yaitu tegangan AC rata-rata: 40,55Volt dann Tegangan DC rata-rata: 42,828Volt generator pengisian tanpa beban, tegangan AC rata-rata: 22,975Volt dan tegangan DC rata-rata: 27,55Volt pengisian dengan beban dan arus AC rata-rata adalah: 0,6125AH dan arus DC rata-rata adalah: 1,2AH dengan beban Laju pengisian rata-rata setelah penggabungan dengan control adalah 27,18Volt terhadap kecepatan dengan pembebanan system pengapian 17.16KM/Jam pada jarak tempuh 500meter. Selisih tidak menggunakan control dan menggunakan control hanya 0,85Km/Jam. Pengisian optimum diperoleh pada kecepatan 15,20,25 adalah 27.67V dengan arus 1.33A. Dengan estimasi laju arus pengisian 1.33A, battery yang yang digunakan dengan kapasitas 14AH, maka dibutuhkan jarak tempuh 180Km dengan asumsi tegangan battery 0Amper. Dalam realitanya arus battery tidak pernah kosong Pemanfaatan media pendidikan dapat meningkatkan kondisi awal kompetensi siswa dalam belajar memperbaiki system pengisian sepeda listrik. Nilai rata-rata naik sebesar 3,9% dari 7.62 menjadi 7.93, Nilai tertinggi meningkat sebesar 3,5% dari 8.20 menjadi 8.50 dan Nilai terendah naik 2,7% dari nilai 7.20 menjadi 7.40 Keywords : Electronic Control , Charging , Speed
Electric bicycle or electric bike is one of the options that are environmentally friendly transportation alternative, cheap and does not produce air pollution. Electric bicycle is a vehicle without fuel-driven motorlistrik and battery as its power source. Electric propulsion has the advantage that no fuel and oil as well as without combustion so it does not cause pollution, but choosing the fundamental weakness yangterbatas battery capability. Because it takes an electric drive system that is appropriate in order to obtain maximum employment, but it also required the installation of a system of rotation of the wheel in order to obtain the use of a power source capable of supplying additional energy to make it more resistant to battery energy, the installation of charging which can be used at any time and where only. In general, the charging system serves to provide electrical energy to turn the car electrical equipment or motorcycle and charge the battery to keep the battery fully charged . It required major components such as generators , Diodes , Electronic Control and drive mechanism Place of research data is independent of battery charging system of electric vehicles in the Lab Light Vehicle Engineering Department , SMK Negeri 2 Klaten , with the address : Senden , Ngawen , Klaten . The test results obtained in this research conducted data collection as much as 8 times the retrieval of data for each collection consists of 6 data that the average AC voltage : DC Voltage 40,55Volt dann average : 42,828Volt charging generator at no load , AC voltage average -rata : 22,975Volt and average DC voltage : 27,55Volt charging with AC current load and the average is : 0,6125AH and the average DC current is : 1,2AH with load Average charging rate after merging with the speed control is 27,18Volt ignition system with loading 17.16KM / Hour at 500meter mileage . The difference does not use control and use the control just 0,85Km / Hour .Obtained at the optimum charging speed with current 15,20,25 is 27.67V 1.33A . With an estimated rate of charging current 1.33A , the battery used with 14AH capacity , then the required mileage 180Km 0Amper assuming the battery voltage . In the current reality is never empty battery Utilization of media education can improve the initial conditions improve student competence in learning the charging system of electric bicycles . The average value increased by 3.9 % from 7.62 into 7.93 , the highest value increased by 3.5 % from 8:50 and 8:20 into the lowest value up 2.7 % of the value of 7:20 into 7:40 Keywords : Electronic Control , Charging , Speed
Kata Kunci : Electronic Control , Charging , Speed