Analisis Pemanfaatan Billing System di RSUD dr. T.C.Hillers Maumere
MARIANA BARE LEBA, Dr. Ir. Eko Nugroho; M.Si, Dr. Satibi, M.Si., Apt
2014 | Tesis | S2 Ilmu Kesehatan MasyarakatLatar Belakang: Implementasi billing system di RSUD dr. T. C. Hillers Maumere diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi rumah sakit dalam peningkatan efektifitas dan efsisiensi pelayanan kesehatan bagi pasien, namun dalam implementasi billing system ini, adapun kendala yang dihadapi adalah masih terjadi keterlambatan pelaporan informasi, ketidakakuratan data serta ketidaklengkapan data yang memicu terjadinya kerugian pada rumah sakit. Untuk mengkaji manfaat implementasi billing system salah satu metode evaluasi yang dapat digunakan adalah evaluasi berdasarkan pada persepsi pengguna. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran mengenai manfaat yang diperoleh rumah sakit dari implelemtasi billing system di RSUD dr. T. C. Hillers Maumere. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini mendeskripsikan persepsi pengguna mengenai manfaat penerapan billing system bagi RSUD dr. T. C. Hillers Maumere yang digambarkan dengan analisis performace, information, economi, control, efficiency, dan service (PIECES). Hasil: Aspek performance, pengguna merasakan loading system yang lambat, sering mati listrik serta error yang sering terjadi pada komputer. Aspek information hambatan yang dirasakan oleh pengguna adalah ketidaksesuaian output dengan kebutuhan informasi yang dibutuhkan oleh pengguna. Aspek economic, penerapan billing system belum menghemat biaya pengeluaran rumah sakit karena masih diberlakukan biaya pemeliharaan sistem serta alokasi tenaga kerja. Aspek control permasalahan yang dihadapi adalah masih terjadi tindakan manipulasi data serta ketidaksesuaian penyimpanan data. Aspek efficiency masih kurangnya fasilitas billing system khususnya billing system yang belum terhubung langsung dengan bagian keuangan, serta masih terjadi kesalahan dalam penginputan data. Aspek service pengguna merasakan kemudahan penggunaan namun perlu dilakukan pengembangan modul billing system khususnya modul-modul perawatan medical record dan inentory pharmacy Kesimpulan: Billling system yang diterapkan di RSUD dr. T. C. Hillers Maumere sudah dijalankan namun belum memberikan hasil yang optimal kepada rumah sakit. Hal ini disebabkan oleh adanya keterbatasan sumber daya manusia, fasilitas serta dukungan dari organisasi. ���¢�¯�¿�½�¯�¿�½
Background: Implementation of billing system at dr. T. C. Hillers Hospital Maumere is expected to give positive contribution on the effectiveness and efficiency for health services at the hospital. The main problems facing the hospital in implementing the billing system included delayed information report, data inaccuracy, and lack of data, all of which led to financial loss. One of the evaluation methods for studying the use of billing system is user perception-based evaluation. Objective: The research aims at figuring out the benefits of billing system implementation at dr. T. C. Hillers Hospital Maumere. Method: A descriptive study was conducted using qualitative approach to describe the user perception on the benefits of billing system implementation at dr. T. C. Hillers Hospital Maumere, which are described using performance, information, economic, control, efficiency, and service (PIECES) analysis. Results: In the aspect of performance, the main problems included delayed loading system, frequent electric blackout, and technical error in the computer. In the aspect of information, the main problems included inconsistency between the output and the information required by the user. In the economic aspect, the implementation of billing system could not cut the operational costs of the hospital since the system needs regular maintenance costs and labor costs. In the control aspect, the main problems included data manipulation and data storage inconsistency. In the aspect of efficiency, the problems included lack of billing system facilities, particularly since the system was not directly connected to the financial division of the hospital, and errors in data entry. In the aspect of service, the users perceived that the system was helpful, but the billing system modules needed improvements, particularly medical record and inventry pharmacy modules. Conclusion: The billing system had been applied at dr. T. C. Hillers Hospital Maumere despite lack of optimum benefits for the hospital. It was attributable to limitation of human resources, facilities, and organizational support.
Kata Kunci : Billing System, Analisis PIECES, Persepsi, Evaluasi Sistem Informasi.