Laporkan Masalah

Proses Bauran Pemasaran Program CSR (Corporate Social Responsibility) Go Green PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk

ANGGA PATIAR BORU SIANTURI, Dr. Ely Susanto

2014 | Skripsi | ILMU ADMINISTRASI NEGARA (MANAJEMEN DAN KEBIJAKAN PUBLIK)

BNI Go Green adalah salah satu dari beberapa program Corporate Social Responsibility atau tanggung jawab sosial dan lingkungan PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Tujuan dari program ini untuk mengembangkan dan meningkatkan kesadaran lingkungan. BNI menggunakan masalah lingkungan sebagai tema utama dengan menggunakan prinsip 3P ( people, profit, planet ). BNI ingin menjadikan karyawannya tidak hanya berfikir untuk me ncari keuntungan perbankan, nemun menggabungkan pola hidup hijau yang ramah lingkungan dalam pekerjaan, Sehingga ketika BNI melayani nasabah secara bersamaan merubah pola pikir nasabah untuk peduli terhadap lingkungan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk (1) memahami dan mempelajari marketing mix (bauran pemasaran) BNI Go Green sebagai salah satu konsep strategi pemasaran, (2) untuk menemukan masalah - masalah dan hambatan dalam proses pemasaran. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif. Dari hasil metode ini, diketahui bahwa BNI Go Green memanfaatkan marketing mix untuk menyampaikan atau memperkenalkan program tersebut kepada pemerintah dan masyarakat. Marketing mix terdiri dari 4P+3P (produk, harga, tempat, promosi, orang, proses, bukti fisik/nyata). BNI Go Green menggunakan strategi marketing mix karena konsep tersebut paling lengkap dengan melibatkan internal ataupun eksternal perusahaan dan sesuai untuk mencapai tujuan dan target dari program tersebut. BNI Go Green mengimplementasi strategi pemasaran dengan berbagai kegiatan ramah lingkungan, seperti kantor ramah lingkungan, taman kota, budaya hidup sehat dengan bersepeda dan lainnya. Namun dalam perjalanan program tersebut, masih terlihat beberapa kendala di beberapa daerah seperti su mber daya manusia, kebudayaan sosial, keasadaran masyarakat, ketidapastian pemilik lahan. Dengan adanya kendala tersebut, BNI mempunyai solusi dan BNI Go Green tetap dapat berjalan dan dikembangkan untuk menjadi program terbaik.

BNI Go Green is one of many program of Corporate Social Responsibility from PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. The purpose of this program is for sustainability and to raise enviromental awareness. BNI use enviromental issue as its main theme by presenting their motto: 3P (People, Profit, and Planet). BNI want people to think that BNI is not a bank that has sole purpose to find profit, but they also want to become the most enviromental-friendly bank in Indonesia. So, while BNI serve their client, they want their client to become aware of enviromental issue too. This research has purpose to: (1) To understand and learn about Marketing Mix within BNI regarding BNI Go Green. (2) To find out the problems and obstacles from marketing process. This research is done by using qualitative method. From the result of this method, it is revealed that BNI Go Green utilises marketing mix to tell the government and the society about its program. This marketing mix consist of 4P+3P: Product, Price, Place, Promotion, People, Process, and Physical Evidence. BNI Go Green applies the marketing mix strategy because it is the most complete and appropiate approach to achieve the purpose and target for the program. Aside from using marketing strategy, BNI Go Green also implemented various array of enviromental-friendly activities such as building urban forest, making city park, introducing healthy lifestyle with cycling, and many more. Unfortunately, this program still has to face many obstacles and challenges. Several of the problems are social culture, public awareness, different local regulation, land owner's uncertainty toward the program, and human resources. However, BNI determined to take on these problems seriously. As a result, BNI Go Green is steadily progressing and improving to be the best program BNI has ever held.

Kata Kunci : Corporate Social Responsibility (CSR), Maketing Mix (Bauran Pemasaran), BNI Go Green


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.