TALEMPONG GOYANG DALAM RANAH MUSIK TRADISIONAL POPULER MINANGKABAU DI SUMATERA BARAT
DEWI PUTRI, Prof. Dr. Victor Ganap, M.Ed.
2014 | Tesis | S2 Pengkajian Seni Pertunjukan dan Seni RupaTalempong goyang sebagai salah satu style musik tradisional populer yang selalu dipergelarkan dalam konteks seremonial di Sumatra Barat, merupakan bentuk hibriditas musikal yang digagas oleh Sanggar Singgalang sebagai model deviasi diferensial atau counter dari bentuk-bentuk musik tradisional populer yang ada dan juga ‘sempat’ berkembang di ranah musik tradisi onal populer Minangkabau. Pada mulanya talempong goyang dianggap sebagai seni ‘murahan’ atau kitsch tanpa punya pretensi apapun dan hanya bersifat hiburan. Namun, inovasi dan eksplorasi yang dikelola oleh kemampuan intelektual atau spesialisasi penguasaan akan gaya meng-aransemen oleh para pelaku yang pada dasarnya mempunyai pengalaman dalam dunia pendidikan seni, lambat laun membawa talempong goyang menjadi seni hiburan yang berkualitas, yang dapat mewakili eksistensi etnisitas. Saat ini, disposisi talempong goyang telah sampai pada posisi terkonsekrasi dan dilegitimasi sebagai style musik tradisional populer yang bernuansa etnisitas pribumi Minangkabau, serta skala persebarannya tidak lagi terbatas pada teritorial Sumatra Barat saja, namun meluas sampai domain diaspora etnis
Talempong goyang as one of the popular traditional music style that always staged in a ceremonial context in West Sumatra, is a form of musical hybridity initiated by the Singgalang studio as a differential deviation model or a counter from the traditional forms of popular music there and also 'had' grown in the realm of popular traditional music of Minangkabau. The first talempong Goyang considered as 'gimcrack' art or kitsch without any pretension and it is merely entertainment. However, the innovation and exploration are managed by specialized intellectual ability or mastery of arrangement style by the arrangers that essentially have experience of arts education, slowly bring talempong goyang into quality art entertainment, which may represent the existence of ethnicity. Currently, disposition of talempong goyang have come to the consecration position and legitimized as a popular traditional music style nuanced indigenous Minangkabau ethnicity, and the scale of its range is no longer limited to the territory of West Sumatra, but extends to the domain of ethnic diasporas.
Kata Kunci : talempong goyang, musik tradisional populer, dominasi, dan konsekrasi