PEMANFAATAN TWITTER OLEH AGEN PEMASARAN ASURANSI DI YOGYAKARATA (STUDI ETNOGRAFI PEMANFAATAN TWITTER OLEH AGEN PEMASARAN ASURANSI PRUDENTIAL YOGYAKARTA)
APSARI WAHYU KURNIANTI, Prof.Dr Nunung Prajarto
2014 | Tesis | S2 Ilmu Politik/Ilmu KomunikasiPerkembangan penelitian komunikasi pemasaran telah dilakukan semakin beragam. Berbagai kondisi terkini kaitannya dengan pemanfaatan teknologi berbasis internet telah menjadi misteri tersendiri bagi penelitian di bidang ilmu komunikasi. Oleh sebab itu, penelitian ini berusaha untuk menjawab fenomena yang terjadi didunia komunikasi marketing. Penelitian ini difokuskan pada pemanfaatan twitter sebagai media komunikasi marketing oleh para agen pemasaran sebagai ujung tombak perusahaan. Mereka bisa memanfaatkan internet sebagai sarana komunikasi pemasaran. Mulai dari membuat blog, memuatnya di iklan online, membuat iklan di sosial media dan sebagainya. Dengan menggunakan analisis diskriptif kualitatif, terutama menggunakan metode etnografi peneliti berusaha untuk mengamati, mengobservasi tingkah laku para agen asuransi di kota Yogyakarta dalam keseharian mereka berinteraksi. Dimana hasilnya antara lain: 1) Menurut analisis stakeholders, kegiatan komunikasi pemasaran Twitter Prudential terdiri dari 4(empat) stakeholders utama yaitu, Perusahaan, Leader, Agen, dan Follower. 2) Sedangkan menurut analisis AIDA (Attention, Interest, Desire, and Action to buy), tujuan promosi secara sederhana terbagi menjadi tiga jenis yaitu, memberikan informasi pelanggan tentang produk atau fitur baru seperti menciptakan kebutuhan, mempengaruhi pelanggan untuk membeli merek orang lain, dan mengingatkan pelanggan tentang merek yang termasuk memperkuat penetapan rancangan merek. Kata Kunci : Agen Asuransi, Twitter, Analisis Stakeholders dan AIDA
THE development of marketing communication research has been increasingly diverse. Various conditions associated with the use of the latest Internet-based technology has become a mystery to research in the field of science communication. Therefore, this study seeks to answer the phenomena that occur in the world of marketing communications.This study focused on the use of twitter as a communication media marketing by marketing agencies as the spearhead of the company. They can use the Internet as a means of marketing communication, vary from a blog, post them on an online ad, make advertising in social media and so on. By using qualitative descriptive analysis, especially using ethnographic methods researcher tried to observe the behavior of insurance agents in Yogyakarta city in their daily interaction. The results showed that: 1) According to the analysis of stakeholders, Prudential Twitter marketing communications activities consist of four main stakeholders, namely, Company, Leader, Agent, and Follower. 2) Meanwhile, according to the analysis of the AIDA (Attention, Interest, Desire, and Action to buy), the purpose of the promotion is simply divided into three types, namely, providing customers information about products or new features such as creating needs, influencing customers to buy a brand other people, and remind customers about the brand which includes adoption of the draft strengthens the brand. Keywords : Agen Asuransi, Twitter, Analisis Stakeholders, AIDA
Kata Kunci : Agen Asuransi, Twitter, Analisis Stakeholders dan AIDA; THE development of marketing communication research has been increasingly diverse. Various conditions associated with the use of the latest Internet-based technology has become a mystery to research