Laporkan Masalah

RBNCANA BISNIS RUMAH MAKAN RMTM

Erfan Harlan Halim, Sudiyanati, SE., M.Sc.

2014 | Tesis | S2 Magister Manajemen

Rencana bisnis merupakan proses dokumen yang disiapkan oleh pengusaha untuk menggambarkan hal-hal yang berkaitan dengan unsur-unsur eksternal dan internal yang terlibat dalam memulai bisnis baru. Hisrich et , al (2010), Paley (2004) mengatakan bahwa bagian yang paling penting adalah bagian perencanaan. Rencana bisnis juga dapat digunakan sebagai alat untuk mencari dana dari pihak ketiga, seperti bank, investor, dan lembaga keuangan ( Rangkuti, (2006). Tujuan dari rencana bisnis menurut Rangkuti (2006) adalah bahwa kegiatan usaha yang akan dilakukan atau sedang berlangsung tetap di jalur seperti yang direncanakan. Selain itu, rencana bisnis adalah panduan untuk menyempurnakan rencana yang kita harapkan, karena Anda mungkin tahu tujuan, arah, dan bagaimana untuk mencapai tujuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat rencana bisnis yang ideal untuk restoran yang terdiri dari penggabungan konsep modern dan tradisional. Restoran menggabungkan disebut RMTM, konsep ini adalah untuk menciptakan sebuah konsep restoran modern tapi menu adalah makanan tradisional Indonesia. Indonesia memiliki banyak jenis tradisional, itu sebabnya kita harus melestarikan makanan khas Indonesia kami. Bagian pertama dari rencana bisnis ini adalah menciptakan visi misi dari restoran ini. Bagian kedua adalah analisis pasar dan menciptakan strategi pemasaran, dan kemudian bagian ketiga untuk menganalisis perencanaan operasional, perencanaan sumber daya manusia, perencanaan keuangan, dan juga manajemen risiko untuk rencana bisnis ini. Untuk membuat sebuah bisnis, kita harus ingat bahwa bisnis yang kita buat memiliki dampak positif terhadap lingkungan sosial, itulah sebabnya dalam rencana bisnis ini juga analisis mengenai dampak lingkungan.

Business plan are writing a document prepared by the entrepreneur to describe things related to the external and internal elements involved in starting a new business. Hisrich et, al (2010), Paley (2004) said that the most important part is the planning part. Business plan can also be used as a tool to seek funding from third parties, such as banks, investors, and financial institutions (Rangkuti, 2006). The purpose of the business plan according Rangkuti (2006) is that the business activities to be carried out or in progress remains on track as planned. In addition, a business plan is a guide to refine the plan that we expect, as you may know the purpose, direction, and how to achieve goals. The purpose of this research is to create an ideal business plan for a combining modern and traditional restaurant. The combining restaurant called RMTM, the concept is to create a modern concept restaurant but the menu is a traditional Indonesian food. Indonesia has many kind of traditional, that’s why we have to conserve our Indonesian taste food. First part of this business plan is creating vision a mission of this restaurant. The second parts is analysis of the market and create the marketing strategy, and then the third part to analyze operational planning, human resource planning, financial planning, and also risk management for this business plan. To create a business, we have to remember that the business that we create have a positive impact on social environment, that is why in this business plan also analysis about environment impact.

Kata Kunci : Rencana Bisnis , Restoran , Makanan dan Minuman


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.