ENGLISH LEARNING PROCESS OF JUNIOR HIGH SCHOOL INNEW CONCEPT ENGLISH EDUCATION CENTRE YOGYAKARTA
TANNAYA C WIYONO, Dr. Endang Soelistiyowati, M.Pd
2014 | Tugas Akhir | D3 BAHASA INGGRISDewasa ini banyak orang tua yang mengikutsertakan anak-anaknya untuk belajar Bahasa Inggris di tempat kursus Bahasa Inggris. Seperti yang kita ketahui, saat ini Bahasa Inggris memang telah menjadi Bahasa internasional, pengetahuan tentang Bahasa Inggris sangat diperlukan, dan generasi muda dituntut untuk dapat berbahasa Inggris, sehingga lebih siap menghadapi perkembangan zaman. Tugas Akhir ini bertujuan untuk menjelaskan proses dan metode pengajaran Bahasa Inggris di New Concept English Education Centre Yogyakarta khususnya untuk siswa Sekolah Menengah Pertama. Metode pengumpulan data untuk penelitian ini adalah observasi, wawancara, metode pustaka dan penelusuran melalui internet. Penulis melakukan observasi di dalam kelas, melakukan wawancara dengan guru, murid, serta staf. Untuk metode pustaka penulis membaca beberapa buku, brosur New Concept English Education Centre Yogyakarta serta artikel dari internet untuk melakukan analisa data. Hasil dari penulisan tugas akhir ini menyimpulkan bahwa proses pembelajaran Bahasa Inggris bagi siswa Sekolah Menengah Pertama di New Concept English Education Centre Yogyakarta telah sesuai dengan kurikulum berdasarkan Standard Kompetensi Minimal BSNP. Para siswa mendapatkan peningkatan nilai dalam mata pelajaran Bahasa Inggris, dan siswa merasa lebih percaya diri menggunakan Bahasa Inggris.
Nowadays, many parents enrolled their children to learn English in an English course. As we know, right now English becomes a global language. The knowledge about English is really needed, and youngsters are demanded to be able in English, thus they more prepare to face the globalization era. The aim of this graduating paper is to explore the process and the methods of learning English in New Concept English Education Centre Yogyakarta especially for junior high school students. The methods of collecting the data are observation, interview, library and internet research. The writer observed in class, interviewed the teacher, students, and staff. For library and internet research, the writer read some books, brochure of New Concept English Education Centre Yogyakarta and articles from internet to get database to analyze. It can be concluded that the process of learning English for junior high school students in New Concept English Education Centre Yogyakarta are proper to the Standard Kompetensi Minimal BSNP. Also the students get better score in their schools, and students feel more confident communicating English.
Kata Kunci : Bahasa Inggris, proses, siswa SMP