MARKETING STRATEGY OF JOGJA TRADITIONAL TREATMENT SALON YOGYAKARTA
VIRGINIA GITAYANA .S, Nur Endah Nugraheni, S.S., M.A.
2014 | Tugas Akhir | D3 BAHASA INGGRISPenulisan tugas akhir ini bertujuan untuk membahas riwayat singkat tentang Jogja Traditional Treatment Salon & Spa. Tujuan berikutnya untuk mengetahui strategi marketing yang diterapkan oleh Jogja Traditional Treatment Salon & Spa (JTT) dan opini pelanggan tentang strategi pemasaran tersebut. Metode yang digunakan agar mendapatkan data yang berhubungan atau sesuai dengan topik yang dibahas pada tugas akhir ini, penulis melakukan studi lapangan dan studi pustaka. Untuk studi lapangan, penulis mewawancarai manager Jogja Traditinal Treatment Salon & Spa. Selain itu, penulis juga meminta beberapa pelanggan untuk mengisi kuesioner. Dari hasil kuesioner tersebut, penulis menganalisa opini pelanggan tentang strategi pemasaran yang diterapkan oleh Jogja Traditional Treatment Salon & Spa. Dalam studi pustaka, penulis membaca beberapa buku, brosur Jogja Traditional Treatment Salon & Spa dan artikel dari internet yang berkaitan dengan objek penelitian. Kesimpulannya, Jogja Traditional Treatment Salon & Spa memiliki produk yang bervariasi, harga yang terjangkau untuk kalangan menengah kebawah, memiliki lokasi yang strategis dengan fasilitas yang cukup lengkap dan promosi yang paling berhasil menarik konsumen adalah mulut ke mulut.
This graduating paper aims to discuss brief history of Jogja Traditional Treatment Salon & Spa. Moreover, the next goal is to determine the marketing strategy implemented by Jogja Traditional Treatment Salon & Spa (JTT) and customer’s opinion about marketing strategies according to their customers. The method used for getting some data which is relevant with the topic in this graduating paper, the writer did a field study and literature. For the field study, the writer interviewed the manager of Jogja Traditional Treatment Salon & Spa. In addition, the writer also asked some customers to fill out a questionnaire. From the questionnaire results, the writer analyzed customer opinions about marketing strategies that using by Jogja Traditional Treatment Salon & Spa Yogyakarta. In the literature, the writer read some books, brochures of Jogja Traditional Treatment Salon & Spa, and articles from the internet that is related to the object of research. In conclusion, Jogja Traditional Treatment Salon & Spa has various products and achievable price for middle to lower class. It has strategic place with complete facilities and promotion strategy which makes consumer interested the most is Words by mouth.
Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Rumah Kecantikan, Jogja Traditional Treatment Salon & Spa Yogyakarta