ANALISIS WAKTU SIKLUS LAMPU LALU LINTAS DENGAN PEMODELAN BERBASIS AGEN
TIARA VERITA YASTICA, Bertha Maya Sopha, S.T., M.Sc., Ph.D
2014 | Skripsi | TEKNIK INDUSTRISetiap tahunnya Daerah Istimewa Yogyakarta mengalami peningkatan pada jumlah kendaraan bermotor. Terlihat jelas dari keadaan jalanan di Yogyakarta yang mulai padat oleh kendaraan roda empat maupun roda dua. Kemacetan menjadi salah satu masalah rutin yang dialami oleh warga Yogyakarta, dikarenakan pertumbuhan jumlah kendaraan yang terjadi tidak diimbangi dengan pertumbuhan panjang jalan. Salah satu cara untuk mengurangi kemacetan adalah dengan pengaturan lalu lintas melalui lampu lalu lintas. Pada hakikatnya lampu lalu lintas berfungsi untuk menciptakan keadaan jalan yang aman dan lancar, tetapi jika durasi dari lampu lalu lintas tersebut tidak diatur dengan benar maka keberadaan lampu lalu lintas dapat menjadi salah satu penyebab kemacetan. Dengan begitu dilakukan penelitian mengenai penentuan waktu siklus dari lampu lalu lintas, sehingga akan mengurangi kemacetan yang terjadi disekitar persimpangan lampu lalu lintas. Penelitian ini dilakukan di Persimpangan Condong Catur, Daerah Istimewa Yogyakarta. Metode yang digunakan adalah simulasi berbasis agen dimana pada model pengemudi menjadi salah satu aspek dalam penentuan waktu siklus dari lampu lalu lintas, yaitu dari segi pengemudi mengendalikan kecepatan kendaraannya yang dipengaruhi oleh keberadaan lampu lalu lintas dan kendaraan lainnya. Pengemudi akan dimodelkan sebagai individu yang unik dan dapat membuat keputusan baik secara pribadi maupun hasil dari interaksi yang dilakukan. Data yang digunakan adalah data kedatangan kendaraan untuk masing-masing pendekat dan data kecepatan rata-rata kendaraan. Hasil yang diperoleh dari proses simulasi adalah waktu tunggu rata-rata dari kendaraan di setiap pendekat. Data itulah yang kemudian dijadikan faktor penilaian dalam menentukan durasi lampu lalu lintas. Untuk mendapatkan pengaturan durasi lampu lalu lintas yang lebih baik, menggunakan design of experiment dengan desain 24. Hasil dari simulasi untuk pengaturan waktu lampu lalu lintas sesuai dengan sistem nyata adalah rata-rata waktu tunggu sebesar 79 detik untuk setiap kendaraan, dengan waktu tunggu untuk pendekat utara, timur, selatan dan barat adalah sebesar 109 detik, 71 detik, 69 detik dan 67 detik. Skenario perbaikan dengan waktu tunggu paling rendah dihasilkan oleh pengaturan durasi hijau dan kuning dari lampu lalu lintas untuk pendekat utara, timur, selatan dan barat sebesar 35 detik, 45 detik, 39 detik dan 40 detik. Berdasarkan pengaturan ini diperoleh waktu siklus sebesar 167 detik, dan waktu tunggu yang dihasilkan untuk pendekat utara, timur, selatan dan barat adalah sebesar 65 detik, 69 detik, 66 detik dan 69 detik. Rata-rata waktu tunggu dari skenario perbaikan tersebut adalah 67 detik, dengan penurunan 12 detik dari sistem aktual.
Annually the amount of vehicle in Yogyakarta Special Region has been increasing. It is clearly seen from the traffic which is full of two-wheeler. Traffic jam becomes one of the problems that people of Yogyakarta has to face each day, due to the increasing number of the vehicle which is not followed by the addition of road’s total length. One of the solutions to decrease the jam is to manage the traffic with the help of traffic lights. In reality, the function of traffic light is to create the road’s condition to be safe and swift. But, if the duration of each lamp isn’t regulated in order, the presence of traffic lights will be the source of the jam itself. Based on the situation above, a study about determining the timing of each lamp in cycle is conducted, so that the traffic jam due to unregulated lamp timing cycle will be decreased. The study is conducted at Condong Catur intersection, Yogyakarta Special Region. The method which is used in this study is a simulation based on agents when the driver and how they drive become one of the aspects used to determine the time cycle of the traffic lights, mainly from how the driver control the speed of their ride based on the traffic lights and all the surrounding vehicles. The driver will be modeled as an unique individual and is able to make decision either by themselves or by an interaction with others. The data that is used in this study is the data regarding the arrival of vehicles for each track and the average speed of each vehicle. The result that is obtained from the simulation is the average of waiting time from each vehicle for one track. The data will be used later as one of the assessment factor in determining the duration of the traffic light. To get a better systematization of the traffic light, the researcher used the 24 experiment design. The simulation result for the light’s timing regulation is appropriate with the real system, with the waiting time average of 79 seconds for each vehicle, and with the north, east, south, and west’s waiting time start from 109 seconds, 71 seconds, 69 seconds, and 67 seconds. The amelioration scenario with the lowest waiting time is produced by the systematization of the green’s and yellow light’s duration; and for north, east, south, and west track has the number starting from 35 seconds, 45 seconds, 39 seconds, and 40 seconds. By this system, the time cycle is obtained with the number of 167 seconds, and the waiting time for north, east, south, and west track starts from 65 seconds, 69 seconds, 66 seconds, and 66 seconds. The average of the waiting time from the amelioration scenario is 67 seconds, with the declining of 12 seconds from the actual system.
Kata Kunci : agent-based, persimpangan, lampu lalu lintas