Laporkan Masalah

RANCANGAN STRATEGI PEMASARAN MINUMAN “JENIPER” DI CV. MUSTIKA FLAMBOYANT KUNINGAN – JAWA BARAT

DEWANTI K, Diklusari Isnarosi Norsita, STP, M.Si

2014 | Tugas Akhir | D3 AGRO INDUSTRI

C.V Mustika Flamboyant merupakan suatu perusahaan yang bergerak dalam industri minuman. Hasil produknya berupa produk minuman dengan bahan dasar jeruk nipis yang dinamakan Jeniper. Strategi promosi yang dilakukan oleh perusahaan ini belum gencar sehingga belum banyak yang mengetahui produk minuman Jeniper. Banyak konsumen dari luar kota yang belum mengetahui produk Jeniper, hal ini yang membuktikan bahwa promosi yang dilakukan oleh C.V Mustika Flamboyant belum gencar dan menarik. Walaupun minuman Jeniper sudah dapat menguasai pasar lokal, namun minuman Jeniper ini belum dapat menguasai atau belum merambah ke pasar luar kota. Hal ini menarik perhatian penulis untuk mengadakan penelitian tentang pemasaran produk Jeniper. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisa terhadap pemasaran yang telah dilakukan dan merancang pemasaran CV Mustika Flamboyant. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif sebagai metode penelitian. Hal ini dilakukan dengan cara menganalisa kekuatan (strengthness), kelemahan (weakness), peluang (opportunities), dan ancaman (threatness) atau SWOT. Penulis juga menggunakan matriks I-E untuk mengetahui posisi perusahaan pada kuadran I-E. Pendekatan kuantitatif dilakukan dengan menyebar kuesioner kepada para pekerja dan konsumen jeniper. Responden diminta memberikan penilaian terhadap kondisi perusahaan saat ini sesuai dengan konsep SWOT. Berdasarkan penilaian responden, diketahui bahwa posisi perushaan CV Mustika Flamboyant terletak di kuadran I dalam matriks I-E. Artinya CV Mustika Flamboyant merupakan perusahaan yang terletak pada strategi pertumbuhan. Strategi pertumbuhan ini didesain untuk mencapai pertumbuhan, baik dalam penjualan, aset atau profit, atau kombinasi dari ketiganya. Penulis merekomendasikan CV Mustika Flamboyant untuk terus melakukan inovasi dalam melakukan promosi sehingga produk minuman Jeniper ini tidak hanya dapat menguasai pasar lokal tetapi juga dapat menguasai pasar luar kota.

CV Mustka Flamboyant is a company which engages in beverage industry. It produces drinking product with lemon as the basic ingredients. The product called Jeniper. Jeniper is quite well-known in its origins, but unfortunately not outside the city. This is caused by CV Mustika Flamboyant's promotional strategies which was not really intensive. This issue attracted the author’s attention to conduct research about marketing’s Jeniper. The reseacrh analyzed Jeniper’s marketing strategy and made additional strategy for CV Mustika Flamboyant. The author also used I-E matrix analysis to determine the position of the company on IE quadrant. This research used both quantitive and qualitative approach as the research methods. Meanwhile, author used SWOT analysis which consists of of S(strengthness), W(weakness), O(opportunities), and T(Threatness). Questionnaire was used as a tool to assess the current condition of the company in accordance with the concept of SWOT. The questionnaire was disseminated to CV Mustika Flamboyant's employees and Jeniper's consumers. The result of the questionnaire showed that CV Mustika Flamboyant located in the first quadrant in the IE matrix. It means that CV Mustika Flamboyant is in the growth strategy. Growth strategy was designed to achieve growth in sales, assets, profit, or the combination of all three. Last but not least, author recommended CV Mustika Flamboyant to continue innovating in promoting Jeniper so it can dominate both local market and the market outside its origin.

Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Matriks I-E, Matriks SWOT


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.