FAKTOR PENYEBAB KETERLAMBATAN PELAPORAN BULANAN DATA KESAKITAN (LB1) DI PUSKESMAS MLATI I SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
I KADEK PONAT DWIPA, Dra. Rawi Miharti,MPH.
2014 | Tugas Akhir | D3 REKAM MEDISLatar Belakang: Laporan bulanan data kesakitan (LB1) adalah laporan bulanan data kesakitanyang berisi distribusi kasus penyakit menurut kelompok umur serta kasus baru ataupun kasus lama. Dengan adanya data dan informasi yang diperoleh dari laporan bulanan LB1 ini, maka dinas kesehatan dapat melakukan perencanaan, pemantauan, dan evaluasi pelaksanaan kegiatan program untuk mengupayakan suatu pemecahan maupun tindak lanjut. Di Puskesmas Mlati I, proses pelaporan Laporan bulanan data kesakitan(LB1) masih mengalami keterlambatan pada bulan Juli - September tahun 2013. LB1 sangat penting sebagai dasar dalam pengambilan keputusan dalam upaya penenganan masalah kesehatan yang terjadi di masyarakat. Data dan informasi di dalam laporan tersebut akan bernilai apabila dilaporkan secara tepat waktu ke dinas kesehatan sehingga dinas kesehatan akan mengambil keputusan secara tepat waktu pula. Tujuan: mengetahui penyebab keterlambatan pelaporan bulanan data kesakitan(LB1) Di Puskesmas Mlati I Juli-September 2013 Metode Penelitian: Jenis penelitian yang dilakukan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian cross sectional. Subyek yang digunakan yaitu perawat dari poli gigi yang bertugas mengumpulkan data kepada penanggung jawab Laporan bulanan data kesakitan(LB1), petugas rekam medis yang membidangi koordinator laporan SP2TP, petugas penanggung jawab pengolahan LB1 yang bertugas mengolah Laporan bulanan data kesakitan(LB1), dan koordinator pelayanan medis Puskesmas Mlati I Sleman. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil : Proses pembuatan Laporan bulanan data kesakitan (LB1) di Puskesmas Mlati I dilakukan empat tahap yaitu pengumpulan data, pengolahan data, penyajian data dan pengiriman Laporan ke Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman. Data Laporan bulanan data kesakitan(LB1) berasal dari pelayanan dalam gedung dan luar gedung. Pengolahannya dilakukan oleh penanggung jawab Laporan bulanan data kesakitan(LB1) dengan menggunakan komputer yang kemudian disajikan dalam hardcopy dan softcopy berbentuk tabel. Proses pengiriman dilakukan paling lambat pada tanggal 10 bulan berikutnya. Akan tetapi, terjadi keterlambatan pelaporan pada bulan Juli, s/d September pada tahun 2013. Beberapa faktor yang menjadi penyebab diantaranya adalah faktor man yaitu manajemen waktu yang kurang baik oleh SDM, belum adanya pembagian tugas yang jelas khusus untuk pembuatan Laporan Data Kesakitan (LB1), dan SDM tidak pernah mendapatkan pelatihan. Faktor mechine yang menjadi penyebab adalah masalah komputer yang bermasalah yaitu tidak berjalan lancar, serta listrik yang tiba-tiba mati. Selain itu, koneksi yang ada untuk mengentri data tidak berjalan dengan baik.
Background: The monthly report morbidity data (LB1) is a monthly report containing the data of disease cases by age group as well as new cases or old cases. With the data and information obtained from LB1's monthly report, the health department can do the planning, monitoring, and evaluation of the implementation of the program to seek a solution and follow-up. The Health Clinic Mlati I, the monthly report reporting morbidity data (LB1) is still experiencing delays in July-September of 2013. LB1 is very important as a basis for decision making in efforts to address health problems that occur in the community. The data and information in the report would be worth if it is reported in a timely manner so that the health department to the health department will make a decision in a timely manner as well. Objective: To determine the cause of delays in reporting monthly morbidity data (LB1) of The Health Clinic Mlati I period July-September 2013 Method: The type of research is descriptive qualitative approach. The design of the study is a cross-sectional study. The subjects used were poly dental nurse in charge of collecting the data to the person in charge of the monthly report morbidity data (LB1), officer in charge of medical records coordinator SP2TP report, the officer in charge of the processing of LB1 in charge of data processing monthly report pain (LB1), and coordinator medical services of the health care Mlati I Sleman. Data collection techniques used were interviews, observation, and study documentation. Results: The process of making a monthly report morbidity data (LB1) in health care Mlati I do four stages: data collection, data processing, data presentation and delivery of reports to the Sleman District Health Office. Report data morbidity data (LB1) is derived from service in the building and outside the building. Processing is carried out by those responsible for the monthly report morbidity data (LB1) by using a computer that is presented in hardcopy and softcopy form of a table. Delivery process is done no later than the 10th of the following month. However, there was a delay in reporting in July until September 2013. Several factors that cause them are man factor is poor time management by Human Resource (HR), the lack of clear division of tasks specific to the manufacture of Morbidity Data Report (LB1 ), and HR did not receive any training. Mechine factors that cause computer problems that are problematic are not running smoothly, as well as the power suddenly died. In addition, the existing connection to the data mengentri not going well.
Kata Kunci : Keterlambatan, Laporan bulanan data kesakitan(LB1).