PERANAN KECERDASAN EMOSI, KEPUASAN KERJA DAN KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR PERAWAT
DEWI MASRUROH, Drs. Fathul Himam, MPsi., MA., Ph.D., Psi.
2014 | Tesis | S2 Magister Profesi PsikologiPerkembangan industri rumah sakit yang sangat pesat menyebabkan persaingan bisnis rumah sakit menjadi sangat tajam. Oleh karena itu, perawat dituntut untuk menampilkan perilaku organizational citizenship behavior (OCB), karena OCB mendukung efektivitas organisasi. Beberapa penelitian telah menemukan kecerdasan emosi, kepuasan kerja dan kepemimpinan transformasional berperan terhadap OCB. Penelitian ini bertujuan untuk menguji peranan kecerdasan emosi, kepuasan kerja dan kepemimpinan transformasional terhadap OCB perawat. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah kecerdasan emosi, kepuasan kerja dan kepemimpinan transformasional secara bersama-sama merupakan prediktor dari OCB perawat. Penelitian ini merupakan studi lapangan yang akan menggunakan metodologi kuantitatif, dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data. Kuesioner yang digunakan adalah kuesioner OCB, kecerdasan emosi, kepuasan kerja dan kepemimpinan transformasional. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis regresi ganda. Hasil analisis data terhadap 146 responden menyatakan bahwa variabel kecerdasan emosi, kepuasan kerja dan kepemimpinan transformasional secara bersama sama secara signifikan dapat memprediksi OCB perawat (F = 16,062, p < 0,05) dengan kontribusi sebesar 24,4 %. Kata Kunci : Organizational Citizenship Behavior, Kecerdasan Emosi, Kepuasan Kerja, dan Kepemimpinan Transformasional
The rapid development of hospital industry cause business competition in term of hospital service become very hostile. Therefore, nurses are demanded to perform organizational citizenship behavior (OCB), because of OCB support organization effectiveness. Several researches found that emotional intelligence, job satisfaction and transformational leadership have predicted OCB. In this study, research objective was to examine that emotional intelligence, job satisfaction and transformational leadership have predicted to nurses’ organizational citizenship behavior (OCB). Hypothesis that researcher proposed in this study was emotional intelligence, job satisfaction and transformational leadership altogether were predictors of nurses’ OCB. This study was a field research that implemented a quantative methodology by means of questionnaire as data collecting tools. Questionnaire that researcher implemented was one of OCB, emotional intelligence, job satisfaction and transformational leadership. Hypothesis testing was performed by implementing a multiple linear regression analysis. The results of the data analysis toward 146 respondents stated that variables of emotional intelligence, job satisfaction and transformational leadership altogether predicted the nurses’ OCB (F = 16,062, p< 0,05) with a contribution for about 24,4%. Key words: Organizational citizenship behavior, emotional intelligence, job satisfaction, transformational leadership
Kata Kunci : Organizational Citizenship Behavior, Kecerdasan Emosi, Kepuasan Kerja, dan Kepemimpinan Transformasional