Laporkan Masalah

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN OBYEK WISATA BERBASIS ANP DENGAN TAMPILAN PETA

NOOR ALAM HADIWIJAYA, Dra. Sri Hartati, M.Sc, Ph.D.

2014 | Tesis | S2 Ilmu Komputer

Yogyakarta di samping dikenal sebagai sebutan kota perjuangan, pusat kebudayaan danpusat pendidikan juga dikenal dengan kekayaan potensi pesona alam dan budayanya sampai sekarang dan masih tetap merupakan daerah tujuan wisata yang terkenal di Indonesia dan Mancanegara. Daerah tujuan wisata yang sangat beragam inilah menjadi tepat untuk menggunakan sistem pendukung keputusan penentuan obyek wisata. Penentuan kriteria dan subkriteria dalam penelitian ini dilakukan melalui survey dan wawancara dengan pihak Dinas Pariwisata Provinsi DIY dan Pusat Studi Pariwisata Universitas Gadjah Mada. Selanjutnya kriteria dan subkriteria yang saling berpengaruh maupun feedback di antara keduanya, serta perbandingan alternatif obyek wisata berdasarkan subkriteria diberi penilaian perbandingan berpasangan dengan skala 1-9 yang kemudian dihitung dalam bentuk matriks perbandingan berpasangan. Hasil yang didapat dengan menggunakan pendekatan Analytic Network Process (ANP) dalam penentuan tujuan obyek wisata berdasarkan kriteria beserta masing-masing subkriterianya dapat ditentukan alternatif obyek wisata terbaik dari beberapa alternatif yang ada berdasarkan rangking. Metode ANP di dalam penilaian konsistensi pada tiap kriteria, subkriteria, inner dan outer dependence mampu mengakomodir ketidakkonsistenan dalam penilaian. Kata Kunci: Sistem Pendukung Keputusan, Analytic Network Process (ANP), Obyek Wisata.

Beside as known as city of struggle, cultural and education center, Yogyakarta is, up now, also know with its rich natural and cultural potency and still becomes a well known tourist destination in Indonesia and International. With varied tourist’s destination, it is precise in using decision support system on tourist object resolve. In the research, the decision of criteria and sub criteria are conducted with survey and in depth interview with Tourism Service of DIY Province and Tourism Study Center of Gadjah Mada University. Later on, those criteria and sub criteria are given the paired comparison measurement with preference between 1-9, which is converted into pairwise comparison matrix form. The finding obtained by using Analytic Network Process (ANP) approach in the resolve of tourism attraction based on criteria and each sub criteria can be determined the best tourism object alternative and some existing alternatives according to the rank. Then, the method of ANP in the consistency measurement of each criteria, subcriteria, inner and outer dependence can accommodate inconsistency in the research. Keyword: Decision Support System, Analytic Network Process (ANP), Tourism Attraction.

Kata Kunci : Sistem Pendukung Keputusan, Analytic Network Process (ANP), Obyek Wisata.


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.