Komunikasi Pemasaran PT Garuda Indonesia Tbk.: (Studi Kasus Aktivitas Komunikasi Pemasaran PT Garuda Indonesia Tbk. dalam Pencapaian Tujuan sebagai World Class Airlines melalui Quantum Leap 2015 pada Tahun 2011-2013)
DWI ANNISA PUTRI, Drs. Widodo Agus Setianto, M.Si.
2014 | Skripsi | Ilmu KomunikasiPerkembangan alat transportasi udara dipicu oleh gaya hidup masyarakat yang menuntut segalanya menjadi lebih cepat dan mudah. Apalagi batasan-batasan lalu lintas udara yang mulai dihilangkang karena adanya kebijakan politik antar negara. Hal ini juga didukung dengan sifat komunikasi pemasaran yang dinamis, dimana mengikuti perubahan yang dialami pasar. Menghadapi dampak kolaborasi kedua hal tersebut, Garuda Indonesia sebagai maskapai penerbangan milik Indonesia memiliki sebuah strategi yang disebut Quantum Leap 2015. Quantum Leap 2015 merupakan sebuah strategi jangka panjang Garuda Indonseia yang dilaksanakan pada tahun 2011-2015. Dalam strategi ini, komunikasi pemasaran memiliki peranan penting untuk memperkenalkan brand Garuda Indonesia kepada masyarakat internasional sebagai target konsumennya. Oleh karenanya, penelitian ini digunakan untuk melihat pelaksanaan aktivitas komunikasi pemasaran Garuda Indonesia dalam mencapai tujuannya sebagai world class airlines. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus untuk menjelaskan mengenai makna komunikasi pemasaran yang telah dilaksanakan Garuda Indonesia pada tahun 2011-2013. Selain itu, dalam penelitian juga terdapat gambaran rancangan strategi Quantum Leap 2015. Hasil dari penelitian ini adalah makna dari aktivitas komunikasi pemasaran yang dilakukan Garuda Indonesia untuk menghasilkan brand awareness masyarakat internasional. Komunikasi pemasaran dalam pelaksanaannya memiliki peranan sebagai bagian dalam sebuah strategi. Maka dari itu, disarankan perlu dikaji ulang mengenai tujuan, target audience, dan bentuk pesan yang disampaikan sehingga aktivitas komunikasi pemasaran dapat menjalankan fungsinya sebagai penghubung antara konsumen dan perusahaan.
The development air transportation is the problem of the people who has high life style and pursued something faster and easier. Then the burdens of air traffic is ignored because of policy between the countries. It is supported by the way marketing communication that is flexible and it follows the movement of market. To face the effect the collaboration of them, Garuda air Indonesia is the fight owned by Indonesia has strategy the Quantum Leap 2015. Quantum Leap 2015 is the long term strategy of Garuda Indonesia that done at 2011-2015. Thi strategy, marketing communication has the role important thing for introducing Brand Garuda Indonesia to International community as the consumers. Because of that, this research is used for seeing the activities marketing communication Garuda Indonesia in reaching the aim as the world class airlines. This research used case study method for explaining the meaning of marketing communication which is done by Garuda Indonesia at 2011-20013. Besides this, in this research has an idea of Quantum Leap 2015 strategy. This research result is the meaning of marketing communication activities that is done by Garuda Indonesia for producing the brand awareness international communities. In doing marketing communication has a role as part of strategy. In addition, it is advise for reviewing the aim of the target audience and the kind of message which is given to them so the marketing communication activities can be done as its function of the relation between consumer and company.
Kata Kunci : Garuda Indonesia, Quantum Leap 2015, dan komunikasi pemasaran