THE EFFECTIVENESS OF ENGLISH LANGUAGE LEARNING PROCESS IN SMK FARMASI NASIONAL SURAKARTA
MAWARROSSA QURROTA A, Dr. Endang Soelistiyowati, M.Pd.
2014 | Skripsi | D3 BAHASA INGGRISPenulisan tugas akhir ini bertujuan untuk meneliti keefektifan dari proses pembelajaran Bahasa Inggris yang ada di SMK Farmasi Nasional Surakarta dimana sekolah ini adalah sekolah menengah kejuruan yang dalam tujuh tahun terakhir ini (2007-2013) selalu mendapat peringkat pertama di setiap tahun kelulusan di Surakarta. Tujuan yang lain yaitu untuk mengetahui kurikulum yang digunakan SMK Farmasi Nasional Surakarta, serta metode dan proses pembelajaran yang digunakan, begitu juga dengan cara pendekatan guru Bahasa Inggris agar murid-murid dapat mengikuti mata pelajaran Bahasa Inggris dengan semangat. Metode pengumpulan data tugas akhir ini adalah dengan cara observasi sekolah langsung, pencarian melalui buku atau referensi perpustakaan, dan juga internet. Observasi langsung diantaranya melakukan wawancara dengan kepala SMK Farmasi Nasional Surakarta mengenai sejarah singkat dan profil dari sekolah tersebut dan dengan guru-guru bahasa Inggris untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran, kurikulum yang digunakan, dan metode atau pendekatan pengajaran. Cara lainnya adalah membuat kuisioner yang akan di isi oleh para murid-murid untuk mengetahui apakah mereka minat dengan pelajaran bahasa Inggris, begitu juga penulis akan memberikan beberapa tes untuk mengetahui keefektifan dan peningkatan dalam berbahasa Inggris di sekolah tersebut. Untuk menambah informasi yang dapat mendukung penelitian ini, penulis juga akan mencari data melalui buku, jurnal, dan artikel dari internet. Hasil dari penelitian tugas akhir ini adalah proses pembelajaran Bahasa Inggris di SMK Farmasi Nasional Surakarta cukup baik dan efektif untuk diajarkan di kelas. Murid-murid dapat mengambil manfaat dari pelajaran tersebut dan mereka mengakui adanya peningkatan dalam berbahasa Inggris berdasarkan hasil dari tes membaca dan berbicara yang menunjukkan bahwa nilai yang didapatkan siswa-siswa kelas XI lebih bagus daripada siswa-siswa kelas X, begitu juga dari hasil kuisioner dan observasi yang telah dilakukan untuk mengetahui proses pembelajaran bahasa Inggris dan keefektifannya.
The purpose of this graduating paper is to examine the effectiveness of English language learning process in SMK Farmasi Nasional Surakarta which during seven years (2007-2013) always gets the first rank in every graduation in Surakarta. Another purpose is to explore about the curriculum that they used, the method and also the teaching approaches adopted by English language teachers in order to make the students interested and enthusiastic with English language learning. The methods of data collection of this graduating paper are direct observation, library studies, and internet research. The direct observation consists of conducting interview with the headmaster of SMK Farmasi Nasional Surakarta concerning brief history and profile of this school and with English language teachers to know about the learning process, the curriculum, the method or teaching approaches. The other methods are making a questionnaire which was spread out to the students to find out whether they are interested in English language learning or not; also, the writer gave some tests to know the effectiveness and the progress of English language learning in this school. To add information which supports this research, the writer also searches the data from books, journals, and some articles from internet. The result of this graduating paper research is the English language learning process in SMK Farmasi Nasional Surakarta is good and effective enough to be used in class. Students are able to take benefits from the lesson and they admit that their English ability is increasing according to the test results of reading and speaking which showed that the XI students’ score is better than the X students’ score; also, the questionnaire and the observation done to know the English language learning process and its effectiveness.
Kata Kunci : Proses pembelajaran, Bahasa Inggris, SMK Farmasi Nasional Surakarta, Keefektifan