Using social media As promotional method of Soccer88 clothing
M FATAH YUSIAWAN, Supriyono S. S., M.A.
2014 | Tugas Akhir | D3 BAHASA INGGRISPenulisan tugas akhir ini bertujuan untuk membahas riwayat singkat tentang Soccer88 cloth. Tujuan berikutnya adalah untuk memaparkan ide promosi menggunakan sosial media yang dilakukan oleh Soceer88 cloth dan keefektifan promosi tersebut menurut pelanggan mereka. Untuk pengumpulan data penelitian ini, penulis menggunakan dua metode, yaitu studi pustaka dan studi lapangan. Untuk studi pustaka, penulis membaca beberapa buku berkaitan dengan objek penelitian. Dalam studi lapangan, penulis mewawancarai pemilik dari soccer88 cloth. Selain itu, penulis juga meminta beberapa pelanggan untuk mengisi kuisioner. Dari hasil kuisioner tersebut, penulis mengetahui dan menganalisa pendapat pelanggan tentang keefektifan promosi berbasis sosial media. Kesimpulannya, soccer88 cloth adalah salah satu bisnis garmen yang mempunyai tiga promosi berbasis social media, antara lain facebook, twitter dan kaskus. Pelanggan memilig Facebook sebagai media sosial paling efektif karena dapat mendapatkan informasi secara detail, disamping itu pelanggan juga memelih melakukan komunikasi via ponsel atau perpesanan Blackberry untuk pemesanan barang produk.
This graduating paper aims to discuss the short profile of Soccer88 cloth. Then, it explains the promotion using social media and its effectiveness based on their customers’ opinion. For collecting data of this research, the writer uses two methods: library research and field study. In library research, the writer reads several books. For field study, the writer interviews the owner of Soccer88 cloth. Besides, the writer also asks the customers to fill out the questionnaires. From the questionnaires’ result, the writer knows and analyzes the customers’ opinion about the effectiveness of promotion using social media. Overall, Soccer88 cloth is one of apparel business which has three social media for promotion, such as Facebook, Twitter and KASKUS. Most customers chose Facebook as the media when they want to get more information about the product of Soccer88 cloth. The customer chose direct communication via phone or Blackberry Messenger for ordering the product.
Kata Kunci : Soccer88 cloth, Promosi, Media sosial