Laporkan Masalah

KOMUNIKASI PEMASARAN HERI PEMAD ART MANAGEMENT (HPAM) DALAM MENJADIKAN EVENT ART JOG SEBAGAI EVENT PASAR SENI

ANNISA NURRACHMI H.N, Pulung Setiosuci Perbawani, SIP., MM.

2014 | Skripsi | Ilmu Komunikasi

Yogyakarta sebagai kota budaya menghasilkan banyak seniman yang karyanya mampu bersaing di pasar internasional. Munculnya seniman-seniman seni rupa kontemporer baru yang berpotensi, menggerakkan Heri Pemad Art Management untuk membantu para seniman ini merambah pasar yang seharusnya. Jadilah event ArtJog sebagai event pasar seni berkelas dunia sebagai wadah para seniman ini untuk kegiatan promosi dan transaksional karya-karya mereka pada masyarkat baik lokal maupun internasional. Untuk menginformasikan event Art Jog kepada target audiens, HPAM menggunakan kerjasama dengan media dapat berasal dari media lokal Yogyakarta, media nasional, ataupun media luar negeri. Kerjasama dengan media dari luar negeri tersebut bertujuan untuk mempromosikan Art Jog secara internasional misalnya melalui pemberitaan di media dengan konsep teaser tentang rencana penyelenggaraan Art Jog. Pemberitaan-pemberitaan tersebut dimunculkan melalui majalah, newsletter, ataupun melalui website dari komunitas seni di luar negeri. ArtJog bukanlah sekedar pameran seni. Di dalamnya terdapat kegiatan transaksional. Tidak hanya karya seni dari seniman-seniman peserta ArtJog, dari konsep dan bentuknya, ArtJog sendiri juga merupakan karya seni. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, menggambarkan sebuah fenomena yang terjadi dalam ArtJog, dengan memaparkan data-data yang ditemukan saat observasi. Sehingga kita bisa mengetahui bagaimana HPAM melakukan kegiatan komunikasi pemasaran dalam event ArtJog.

Yogyakarta as a city culture, produces much artist whose work can compete in the international market. The emergence of new contemporary art artists potential, move Heri Pemad Art Management to help these artists, encroach on the market that it should be. Be an ArtJog event as world class art fair events as receptacle of these artists for promotional and transactional activities, their work in the community both local and international. To inform the event Art Jogs to the target audience, HPAM using cooperation with media can come from local media, national media, or media abroad. Cooperation with the foreign media aim to promote Art Jogs internationally for example through news coverage in the media with a teaser about the plans of organizing Art Jogs. The preaching of the word appearsthrough magazines, newsletters, or through the website of the art community abroad. ArtJog is not just art exhibitions. In it there is a transactional activity. Not only works of art from artists participants ArtJog, from concept and form his own, ArtJog is also a work of art. The methods used in this research, will describe a phenomenon that occurs in ArtJog, exposing data that is found during the observation. So we can figure out how to do the activities of HPAM marketing communications in the event ArtJog.

Kata Kunci : Management Seni Rupa, Komunikasi Pemasaran, Seni Rupa Kontemporer, ArtJog


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.