Laporkan Masalah

Viral Marketing Melalui Twitter: Studi Kasus pada Situs Web www.sociabuzz.com dalam Mendorong Terjadinya Viral Marketing Melalui Twitter

AINUNNISA PARADISTYA, Drs. Widodo Agus Setianto, M.Si.

2014 | Skripsi | Ilmu Komunikasi

Viral marketing dijelaskan sebagai teknik pemasaran yang digunakan perusahaan untuk menyebarkan pesan menggunakan jejaring sosial dengan tujuan meningkatkan brand awareness. Viral marketing dilakukan agar pesan yang disampaikan dapat diteruskan oleh penerimanya, sehingga terjadi penyebaran yang berlipat. Twitter menjadi media sosial yang dipilih untuk melakukan viral marketing karena pemilik akun twitter di Indonesia saja, sampai tahun 2012, tercatat sebanyak 19,5 juta orang. Viral marketing terjadi ketika pengguna twitter dengan followers banyak dipilih oleh advertiser dan ditugaskan untuk menyampaikan pesan iklan advertiser. Permasalahan yang kemudian muncul, mekanisme ini merepotkan dan dinilai tidak efektif baik bagi advertiser maupun pengguna twitter. Sebagai solusi untuk permasalahan ini, muncul sebuah situs web bernama www.sociabuzz.com yang mempermudah pertemuan antara advertiser dan pengguna twitter. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan bagaimana situs web www.sociabuzz.com dapat mendorong terjadinya viral marketing melalui twitter. Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut, dilakukan observasi, wawancara, dan studi dokumen yang berdasar pada pengukuran viral marketing oleh Fisher, yaitu keunikan pengunjung, tingkat interaksi, aksi relevan yang diambil, ukuran intensitas percakapan, kredibilitas pemberi pesan, kesegaran dan kerelevanan pesan atau konten, profil dari audiens, dan jangkauan audiens. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa elemen-elemen dari sociabuzz, yaitu buzzers, exposures, mekanisme kerja, dan report, mampu mendorong terjadinya viral marketing melalui twitter. Hal ini dapat diketahui dengan tercapainya tujuan dari viral marketing yang dapat dilihat dari retweet, reply, mention, dan hashtag yang menjadi trending topic di twitter. Kata Kunci: Viral Marketing, Twitter, Buzzer, Advertiser, Studi Kasus, www.sociabuzz.com.

-

Kata Kunci : Viral Marketing, Twitter, Buzzer, Advertiser, Studi Kasus, www.sociabuzz.com


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.