Laporkan Masalah

ANALISIS USABILITAS PADA SMARTPHONE LAYAR SENTUH

EDWIN ADHIKUSUMA, Ir. Rini Dharmastiti, M.Sc., Ph.D.

2014 | Skripsi | TEKNIK INDUSTRI

Telepon selular merupakan teknologi komunikasi yang memiliki perkembangan pesat saat ini. Seiring dengan perkembangannya, telepon selular dilengkapi dengan operating system yang menunjang performa produknya. Selain itu, produk smartphone atau telepon selular pintar pada saat ini umumnya memiliki teknologi layar sentuh. Penggunaan smartphone layar sentuh menjadikan aspek usabilitas pada smartphone ini penting untuk diperhatikan. Oleh karena itu penelitian mengenai usabilitas pada smartphone layar sentuh tersebut menjadi hal yang menarik untuk dilakukan agar produsen dapat mengetahui produk yang diinginkan oleh pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat usabilitas pada smartphone layar sentuh pada tiga merk smartphone yang berbeda. Metode analisis yang digunakan adalah metode usability testing dengan mengukur performansi pengguna secara langsung dalam bentuk eksperimen berbasis laboratorium. Selain itu, penelitian ini juga menggunakan metode thinking aloud dimana para responden dapat menyuarakan segala hal yang ada di dalam pikiran selama proses penelitian berlangsung. Atribut usabilitas yang dianalisis mencakup aspek efisiensi penggunaan, tingkat kesalahan, kemudahan pembelajaran, dan kepuasan penggunaan. Sebanyak total 26 orang responden terlibat dalam penelitian ini. Kemudian diambil data waktu penyelesaian pekerjaan, jumlah kesalahan, serta penilaian subjektif pengguna. Analisis usabilitas pada smartphone layar sentuh yang ditinjau dari efisiensi penggunaan, menunjukan bahwa Pada Task 1, yaitu mengetik SMS 160 karakter, tidak terdapat perbedaan yang signifikan untuk pengguna Novice dan Expert. Pada Task 2, yaitu mengetik SMS 250 karakter, tidak terdapat perbedaan yang signifikan untuk pengguna Novice. Namun terdapat perbedaan yang signifikan untuk pengguna Expert. Pada Task 3, yaitu memasukan contact ke dalam phonebook, tidak terdapat perbedaan yang signifikan untuk pengguna Novice, namun terdapat perbedaan yang signifikan untuk pengguna Expert. Pada Task 4, yaitu mencari contact di dalam phonebook, tidak terdapat perbedaan yang signifikan untuk pengguna Expert, namun terdapat perbedaan yang signifikan untuk pengguna Novice. Pada Task 5, yaitu setting alarm, tidak terdapat perbedaan yang signifikan untuk pengguna Novice, namun terdapat perbedaan yang signifikan untuk pengguna Expert. Pada Task 6, yaitu menghitung dengan kalkulator, tidak terdapat perbedaan yang signifikan untuk pengguna Novice, namun terdapat perbedaan yang signifikan untuk pengguna Expert. Tidak terdapat perbedaan yang signifikan untuk pengguna Novice dan Expert ditinjau dari aspek tingkat kesalahan. Kata Kunci: usabilitas, smartphone, layar sentuh, usability testing, thinking aloud.

-

Kata Kunci : usabilitas, smartphone, layar sentuh, usability testing, thinking aloud


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.