Laporkan Masalah

PENGARUH MEDIA ANIMASI KARTUN DENTAL HEALTH EDUCATION (DHE) TERHADAP PERUBAHAN SKOR PLAK PADA ANAK AUTIS

TRI SULISTYORINI, drg. Suryono, SH, PhD.

2014 | Skripsi | ILMU KEPERAWATAN GIGI

Anak autis adalah anak yang mengalami gangguan konsentrasi belajar, bersosialisasi, dan berkomunikasi dengan orang lain. Anak autis dalam melakukan pembelajaran diperlukan media khusus sehingga lebih paham dalam memahami pembelajaran. Media yang efektif untuk anak autis adalah media audiovisual karena media ini sangat mempengaruhi afektif, kognitif, dan psikomotor. Media audiovisual yang diberikan menggunakan animasi kartun yang berisi cara menjaga kesehatan gigi. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh media animasi kartun terhadap perilaku menjaga kesehatan gigi dilihat pada pengukuran skor plak. Subyek dari penelitian ini adalah 25 siswa autis kooperatif di Sekolah Autis dan Hiperaktif Citra Mulia Mandiri, Sekolah Lanjutan Autis Fredofios dan Sekolah Autis Bina Anggita. Subyek dilakukan pemeriksaan pengukuran skor plak sebelum dilakukan DHE kemudian DHE menggunakan video animasi kartun selama 5 hari setelah itu dilakukan pemeriksaan satu minggu dan dua minggu setelah melihat animasi. Hasil penelitian menghasilkan nilai signifikan p<0,05 antara skor plak sebelum DHE dan 2 minggu setelah DHE sehingga disimpulkan bahwa media animasi berpengaruh menurunkan skor plak pada anak autis setelah dua minggu dilakukan DHE.

Child with autism is a child having a disturbance of concentration in learning, socializing and communicating with other people. Child with autism in conducting learning process need a specific media in order to make them much more understand about the learning subjects. The media known to be effective for child with autism is an audiovisual media because it affects the affective, cognitive and psychomotor skills. The audiovisual media given used a cartoon animation media that contain about how to maintain oral health. The purpose of this study was to find out the effect of a cartoon animation media towards oral health behavior shown in a plaque score measurement. Subjects were 25 cooperative students with autism in a school of autism and hyperactive Citra Mulia Mandiri, secondary school of autism Fredofios and school of autism Bina Anggita. Subjects were performed a plaque score measurement test before DHE being given, after 5 days of cartoon animation video being given, a plaque score measurement was performed in 1 to 2 weeks after watching cartoon animation. The result (p<0,05) which meant there was a different plaque score measurement in before and after 2 weeks DHE being given which can be concluded that animation media had an effect on decreasing plaque score in child with autism after DHE being given in 2 weeks.

Kata Kunci : Anak autis, media animasi, skor plak


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.