Laporkan Masalah

PANDANGAN DUNIA DALAM NOVEL AL-RAJUL AL-LADZI AMANA KARYA NAJIB KAILANY: ANALISIS STRUKTURALISME GENETIK LUCIEN GOLDMANN

M. ROHIQ, Prof. Dr. Faruk, S.U

2014 | Tesis | S2 Sastra

Objek penelitian ini adalah novel yang berjudul al-Rajul al-Ladzi Amana karya Najib Kailany.Novel ini bercerita tentang tokoh bernama Iryan yang gelisah dan tidak merasa nyaman dengan kehidupan di sekelilingnya. Situasi ini mendorong dia untuk pindah dari tempatnya saat itu, Italia. Untungnya, band-nya mendapatkan kontrak tampil di Dubai dalam waktu yang relatif lama. Iryan mencoba membujuk pacarnya, Sofia, untuk menikah dengannya dan tinggal bersamanya di Dubai, tapi ia menolak karena takut akan komitmen. Iryan terluka dan kecewa. Namun, ia dengan cepat bisa melupakan Sofia karena ia bertemu dengan gadis lain di Dubai, seorang penari bernama Syam. Yakin bahwa ia akhirnya bertemu dengan gadis idaman, Iryan meminta Syam untuk menikah dengannya. Sekali lagi, Iryan ditolak. Tapi, kali ini, alasannya adalah karena keyakinan yang berbeda. Bertekad untuk menikahi Syam, Iryan masuk Islam dan mencoba untuk mempelajari lebih lanjut tentang agama barunya ini. Namun, tekadnya memberikannya perspektif baru yang membuatnya tidak jadi menikahi Syam yang ia percaya masih jauh dari nilai-nilai Islam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui struktu novel al-Rajul al- Ladzi Amana dan pandangan dunia dari kelompok sosial penulisnya yakni, Najib Kailany. Sesuai dengan tujuannya, maka teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah strukturalisme genetik Lucien Goldmann. Struktur novel ini dibangun oleh berbagai oposisi berpasangan, akan tetapi semua oposisi yang berpasangan tersebut bermuara pada satu oposisi utama yakni, budaya yang dibuat oleh kehendak manusia dengan menafikan Tuhan dan budaya yang dibuat dengan mengikuti aturan dan ajaran Tuhan. Dalam novel ini ada tokoh yang merepresentasikan Tuhan dengan membawa nilai-nilai ketuhanan dan tokoh yang merepresentasikan dunia karena membawa nilai-nilai buatan manusia dengan menafikan aturan Tuhan. Kedua Tokoh tersebut tidak mengalami progresi. Mereka dari awal sampai akhir cerita tetap dengan nilainilai utama yang mereka representasikan. Kelompok ketiga adalah tokoh-tokoh yang merepresentasikan manusia. Tokoh-tokoh tersebut mengalami perubahan dalam pandangan dunianya berdasarkan pengaruh dari dua oposisi ganda utama; tuhan dan dunia.

The object of this study is a novel titled Al-Rajul Al-Ladzi Amanaby Najib Kailany. This novel tells a story of a character named Iryan who is restless and does not feelcomfortablewith the life around him. This situation prompts him to try to move from his current place, Italy. Fortunately, his band gets a contract to perform in Dubaifor relatively long time. Iryan tries to persuade his girlfriend, Sofia, to marry him and live with him in Dubai, but she declines due to her fear of commitment. Iryan is hurt and dissapointed. However,he is quickly able to forget her because he meets another girl in Dubai; a dancer named Syams. Convinced that he has finally met a perfect girl, Iryan asked Syam to marry him. Again, Iryan is rejected. But, this time, the reason is their different faiths. Determined to marry Syam, Iryan converts himself into Islam and tries to learn more about it. Yet, his determination brings him a new perspective that makes him withdraw his marriage proposal to Syam whom he believes is far from Islamic values. The purpose of this study is to investigate the structure of the novel and the worldview of Najib Kailany. In accordance with its objectives, the theory used in this study is Lucien Goldmann’s genetic structuralism. The novel structure is built by binary oppositions.All oppositions boil down to one main opposition, namely; the culture created by the will of men that defies God and the culture that is made by following the rules and teachings of God. In this novel, there are characters that represent God by bringing divine values and there are characters that represent the world as they carryman-made rules and values that defy God.Both ofthesefiguresdo notexperienceprogression. Theyremain withthecore valuesthatthey represent from thebeginning to theend of the story. The thirdgroupis thecharacters thatrepresent humans. These characters experience changes and progressionsintheir worldviewbased onthe influenceofthe main binary opposition; Godandthe world.

Kata Kunci : Strukturalisme genetik, Pandangan Dunia, Lucien Goldmann, Najib Kailany, Islam.


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.