ANALISIS SRTATEGI KOMPETITIF PT PERUSAHAAN GAS NEGARA (PERSERO) TBK DALAM KEGIATAN USAHA HILIR MIGAS DI INDONESIA
Dian Restiyani, Dr. Tarsisius Hani Handoko, MBA.
2013 | Tesis | S2 Magister ManajemenLingkungan bisnis yang terus berubah mengharuskan perusahaan-perusahaan untuk selalu beradaptasi dan merespon dengan cepat agar tetap bertahan ataupun bersaing dalam suatu industri. Hal ini juga berlaku bagi perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang kegiatan usaha hilir migas di Indonesia. Ketika sejumlah perusahaan mulai bermunculan seiring dengan meningkatnya jumlah kebutuhan gas bumi dalam negeri dan didukung dengan adanya kebijakan pemerintah terkait dengan pemanfaatan gas bumi, maka persaingan pada kegiatan usaha hilir migas di Indonesia menjadi semakin kompetitif. Untuk dapat terus mengelola pertumbuhan dan keberlanjutannya, perusahaan perlu memiliki strategi bersaing yang efektif sesuai dengan dinamika perubahan lingkungan bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor lingkungan eksternal dan faktor internal serta memformulasikan strategi kompetitif alternatif yang paling sesuai bagi PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (“PGNâ€). Analisis lingkungan eksternal dilakukan melalui analisis lingkungan makro berdasarkan faktor politik, ekonomi, sosial dan teknologi serta analisis lingkungan industri menggunakan teori five forces, strategic group maps dan competitive strengths untuk mendapatkan faktor sukses kunci dalam bersaing pada kegiatan usaha hilir migas di Indonesia. Analisis internal dilakukan melalui analisis sumber daya dan analisis rantai nilai menggunakan elemen sumber daya dan kapabilitas serta analisis kekuatan bersaing menggunakan VRIO untuk mengidentifikasi keunggulan kompetitif berkelanjutan yang dimiliki PGN. Dengan menerapkan analisis lingkungan eksternal dan analisis internal untuk memformulasikan strategi bisnis PGN dalam bersaing pada kegiatan usaha hilir migas di Indonesia diperoleh hasil bahwa strategi kompetitif alternatif yang paling sesuai dengan kondisi PGN adalah Best Cost Provider Strategy. Best Cost Provider Strategy adalah dengan fokus pada memberikan nilai lebih kepada konsumen (superior value) dengan mengkombinasikan differentiation dan cost leadership.
Changing business environment requires companies to constantly adapt and respond quickly in order to survive or compete in an industry. This also applies to companies engaging in the downstream oil and gas business activities in Indonesia. When a number of companies began to appear along with the increasing domestic natural gas demands and supported by government policy in regards to the natural gas utilization, the competition in the downstream oil and gas business activities in Indonesia has become increasingly competitive. In order to be able to continue managing its growth and sustainability, the company requires possessing an effective competitive strategy in accordance with the changing dynamics of the business environment. This research aims to analyze the external and internal environmental factors and formulate the most suitable competitive strategies alternative for PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (\\"PGN\\"). The external environment analysis is performed through macro environmental analysis based on political, economic, social and technology environment factors as well as industry analysis implementing five forces theory, strategic groups maps and competitive strengths in obtaining a key success factor in downstream oil and gas business activities competition in Indonesia. Internal analysis is conducted through resource analysis and value chain analysis using resources and capabilities elements as well as competitive strength analysis using VRIO in identifying a sustainable competitive advantage possessed by PGN. By applying the external environment and internal analyses to formulate business strategies in competing in downstream oil and gas PGN business activities in Indonesia, result on alternative competitive strategy which best suits PGN conditions obtained is through Best Cost Provider Strategy. Best Cost Provider Strategy aims to focus on delivering more value to consumers (superior value) by combining differentiation and cost leadership.
Kata Kunci : kegiatan usaha hilir migas, usaha niaga gas bumi, usaha pengangkutan gas bumi, strategi bersaing, analisis lingkungan eksternal, analisis internal, faktor sukses kunci, keunggulan kompetitif