PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN DENGAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD Studi Kasus pada Divisi Tax, Accounting And Administrations Services - Kantor Akuntan Publik RSM AAJ Associates
Astrid Suryandari, Fahmy Radhi, MBA., Phd.
2013 | Tesis | S2 Magister ManajemenPenelitian ini akan menelaah mengenai pengukuran kinerja perusahaan dengan pendekatan balanced scorecard di perusahaan konsultan RSM AAJ Associates khususnya Divisi Tax, Accounting and Administration Services dengan tujuan penelitian yaitu melakukan analisa kinerja Divisi saat ini berdasarkan perspektif balanced scorecard dan merumuskan perbaikan-perbaikan yang harus dilakukan Divisi untuk meningkatkan kinerja dengan mengacu kepada perspektif balanced scorecard. Penelitian dilakukan dengan cara observasi, in depth interview, dan telaah data. Balanced scorecard menekankan bahwa ukuran keuangan dan non keuangan harus menjadi bagian dalam sistem penilaian kinerja. Tujuan dan ukuran scorecard diturunkan dari misi, visi, dan strategi perusahaan yang kemudian menilai kinerja perusahaan dari empat perspektif yaitu keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, dan pembelajaran dan pertumbuhan. Analisis kinerja kemudian dilakukan dengan cara menyusun peta strategi sebagai sarana untuk memetakan misi, nilai, dan visi perusahaan ke dalam suatu sasaran, alat ukur, target, dan gagasan agar tercapai suatu keluaran yang diinginkan. Penelitian menggunakan alat ukur kinerja yang telah dimiliki perusahaan namun belum dimanfaatkan secara maksimal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perusahaan perlu melakukan perbaikan kinerja untuk perspektif keuangan, perspektif proses bisnis internal, dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Perbaikan kinerja lebih ditekankan kepada perbaikan atas kualitas sumber daya manusia dan pengawasan atas kualitas kerja.
This research will examine the company’s performance measurement using a balanced scorecard approach at RSM AAJ Associates, a consulting firm, specifically in Division of Tax, Accounting and Administration Services with the purpose of research is to analyze the performance of the Division based on the balanced scorecard perspectives and formulate an improvement for the Division with balanced scorecard perspective as a guidance. The study is done by observation, indepth interviews, and data review. Balanced scorecard emphasized that financial and non-financial measures should be part of the performance measurement system. Scorecard’s objectives and measures derived from the mission, vision, and strategy of the company and then assess the performance from four perspectives: financial, customer, internal business process, and learning and growth. Performance analysis is done by arranging the strategy map as a tool for mapping mission, values and vision of the company into an objective, measurement, target, and ideas in order to achieve the desired outcomes. The research is using performance measures that owned by the company but has not been utilized effectively. The results shows that the company needs to make improvements to the performance of financial perspective, internal business process perspective, and learning and growth perspective. The performance improvement should be focused on the improvement of the quality of human resources and monitoring the quality of work.
Kata Kunci : Penelitian : Balanced scorecard, peta strategi, sasaran, alat ukur, keluaran.