Laporkan Masalah

ANALISA STRATEGI BERSAING DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN METODE CONSTRAINT MANAGEMENT Studi Kasus pada PT Astra Honda Motor

Riza Pahlevi, DR. Fahmy Radhi, MBA

2013 | Tesis | S2 Magister Manajemen

Pemilihan strategi bersaing yang baik merupakan suatu hal penting bagi perusahaan untuk dapat terus menguasai pasar. Seperti yang dilakukan oleh PT. Astra Honda Motor sebagai salah satu perusahaan besar dalam memproduksi serta menjual sepeda motor merk HONDA. Dominasi pasar yang dipegang selama beberapa dekade akhirnya mendapat tantangan berat dari kompetitor sehingga berkurangnya secara drastis tingkat penguasaan pasar. Maka diadakan penelitian terhadap strategi perusahaan dengan mengamati beberapa faktor terkait serta memberikan rekomendasi untuk melakukan pemilihan strategi yang paling baik sesuai dengan kondisi yang dihadapi. Penelitian mengambil pendekatan metode Constraint Management untuk dapat mengidentifikasi masalah serta melihat adakah hubungannya antar masalah-masalah yang terjadi. Constraint Management merupakan suatu metode yang berbasis pada Theory of Constraint yang bertujuan mengendalikan kendala-kendala yang sedang terjadi dalam suatu sistem. Setelah dilakukan analisa dan formulasi, ternyata hal inovasi produk adalah masalah krusial sehingga penguasaan pasar menjadi berkurang. Sensitifitas perusahaan dalam mengantisipasi masalah ini juga dipandang sebagai salah satu faktor terjadinya masalah krusial tersebut. Untuk itu rekomendasi difokuskan pada masalah inovasi produk serta hal apa saja yang harus dilakukan agar rekomendasi tersebut dapat berjalan dengan baik. Diharapkan dengan formulasi dan rekomendasi yang dihasilkan oleh penelitian dapat mencapai harapan perusahaan sesuai visi misi perusahaan.

Selection of good competitive strategies is an important thing for company to be able to continue domination of the market. As performed by PT. Astra Honda Motor as one of the major companies in producing and selling the HONDA brand motorcycles. Market dominance for decades finally get tough challenges from competitors that drastically reduced the level of market control. This research have conducted to corporate strategy by examining several related factors as well as provide recommendations for the selection of the best strategy according to the conditions encountered. The researching took the approach method of Constraint Management to be able to identify the problem and see is there any relation between the problems that occur. Constraint Management is a method based on the Theory of Constraints that aims to control the constraints that are happening in a system. After analysis and formulation, it turns out that product innovation is a crucial issue which make the market share is reduced. The sensitivity of the company to anticipation this problem is also seen as one crucial factor is the problem. Further, recommendation will focused on issues of product innovation as well as what should be done so that recommendations can be run well. Expected with the formulation and recommendations made by the research, could achieve the vision of the company's expectations according to the company's mission.

Kata Kunci : Strategi Bersaing, Constraint Management, kendala


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.