EVALUASI STRATEGI BERSAING PT AXIS TELEKOM INDONESIA DALAM INDUSTRI TELEKOMUNIKASI SELULAR
Adri Febrianto, Dr. Harsono, M.Sc.
2013 | Tesis | S2 Magister ManajemenPerkembangan industri telekomunikasi di Indonesia berkembang sejak tahun 90-an dan pada tahun 2001, PT. AXIS Telekom Indonesia mulai memasuki industri sebagai pemain baru dengan dukungan Saudi Telecom dan MAXIS Malaysia. Melihat beberapa pendatang baru di industri telekomunikasi selular tentunya membuat pemain besar seperti Telkomsel, XL dan Indosat semakin gencar dengan strategi marketingnya. Sekitar tahun 2008-2009 merupakan kondisi pasar yang sangat ketat dimana hampir semua pemain di industri telekomunikasi gencar dengan strategi marketingnya hingga menciptakan kondisi perang harga. Dalam menghadapi kondisi yang penuh persaingan ketat ini AXIS harus memperhatikan perubahan dalam lingkungannya dengan lebih seksama baik lingkungan eksernal maupun lingkungan internal. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis terhadap lingkungan eksternal dan internal PT. AXIS Telekom Indonesia (AXIS) yang berpengaruh terhadap kegiatan utama perusahaan yaitu jasa telekomunikasi selular. Dari analisis lingkungan eksternal melalui Five Forces Model, diketahui bahwa persaingan di industri ini adalah tinggi. Hal ini dikarenakan intensitas persaingan dalam industri ini cukup kuat, sehingga kekuatan tawar menawar dari pemasok masih tinggi dan kekuatan tawar menawar dari pembeli dalam kategori sedang ke tinggi. Ancaman terhadap pesaing baru masih cukup rendah mengingat modal investasi untuk memulai bisnis dalam industri ini cukup besar dan ancaman terhadap produk pengganti masih sangat lemah karena masih banyak wilayah Indonesia yang belum terjangkau oleh infrastruktur lain selain layanan telekomunikasi selular. Dengan demikian AXIS harus lebih teliti membidik pasar yang potensial dengan segmentasi pasar yang lebih baik dan selalu menyesuaikan dengan perkembangan teknologi yang sesuai dengan kebutuhan konsumennya. Metode penelitian menggunakan metode analisis eksternal seperti Five Forces Model, Driving Forces, dan Key Succes Factor dalam layanan industri telekomunikasi selular, yang bertujuan untuk menganalisis seberapa besar menariknya industri ini, faktor-faktor yang berperan dalam industri ini dan kunci sukses dalam industri ini. Selain itupula dilakukan analisis internal perusahaan yang bertujuan untuk mendapatkan faktor kekuatan dan kelemahan dari perusahaan untuk dapat terus bersaing dan eksis dalam industri ini serta pengimplementasian strategi yang akan digunakan oleh AXIS didalam menghadapi perubahan tersebut. Hasil dari analisis ini menyimpulkan bahwa strategi yang tepat untuk AXIS dalam menghadapi kondisi persaingan saat ini adalah dengan Focused Differentiation Strategy. Manajemen AXIS harus mengimplementasikan strategi ini dalam rangka membidik pasar yang tepat dan memberikan layanan yang sesuai dengan kebutuhan konsumen potensialnya agar tetap dapat bersaing dalam layanan industri telekomunikasi khususnya layanan industri telekomunikasi selular.
The growth of telecomunication industry appeared since the 90’s and in 2001, PT. AXIS Telekom Indonesia (AXIS) has joined the industry with support from Saudi Telecom and MAXIS Malaysia. Knowing there are several new players in the industry, the big players such as Telkomsel, XL and Indosat keep strengthen their marketing strategy. In 2008-2009 was the example of tight competition amongst the telecomunication companies in term of their marketing strategy, at that time was known as the “price war†era. To make sure the longevity of AXIS in this tight competitive telecommunication industry, AXIS has to pay attention to the changes in the environment both external and internal environment. This research aims to perform the analysis on the external environment and internal PT. AXIS Telekom Indonesia (AXIS) that affect the company's main activities, namely mobile telecommunication services. Analysis of the external environment through the Five Forces Model, it is known that the attractiveness of this industry is high. This is because the intensity of competition in this industry is quite strong, so the bargaining power of suppliers is still high and the bargaining power of buyers in the medium to high category. Threats to the new competitors are still quite low considering the capital investment to start business in this industry is quite large and the threat of substitute products are very low because many regions in Indonesia that has not been reached by the infrastructure other than mobile telecommunications service. Thus, AXIS has to be more diligent in focusing the potential consumers with a proper segmentation and always keep update its service and innovation to give the best offers to the consumers. Methods of research using methods such as analysis of external Five Forces Model, Driving Forces and Key Success Factor in telecommuniaction mobile services industry, which aims to analyze how high is the attractive level for this industry, the factors that play a role in this industry and the key to success in this industry. In addition to internal analysis conducted has it company that aims to get the strength and weaknesses of the company can continue to compete and exist in this industry and implementation strategy that will be used by AXIS in the face of such change. Results of this analysis concluded that the best strategy for AXIS in the conditions of competition at this time is the Focused Strategy differentiation. Management of AXIS must implement this strategy in order to get the right target market and giving the service that needed by its consumers to make sure the existence in the telecommunications service, especially mobile telecommunication service industry.
Kata Kunci : analisis strategi, analisis eksternal, analisis internal