Laporkan Masalah

MARKETING PLAN RENTAL MOBIL \"I-CARental\"

Faisal Andhika Sadha Sarosa, Dr. Ike Janita Dewi, MBA.

2013 | Tesis | S2 Magister Manajemen

Bisnis rental mobil berkembang dengan cepat. Rental mobil yang baru membuka usahanya banyak bermunculan, hampir di setiap wilayah Jakarta dan kota besar seperti Bogor terdapat rental mobil. Banyaknya rental mobil menjadikan persaingan bisnis ini semakin ketat. Rental mobil harus memiliki rencana pemasaran yang jelas sehingga diperlukan marketing plan agar dapat bertahan dari ketatnya persaingan bisnis rental mobil. Studi ini bertujuan merumuskan marketing plan untuk rental mobil ICARental sehingga didapat action plan yang tepat. Untuk merumuskan marketing plan dilakukan analisis deskriptif dengan tujuan memperoleh gambaran objektif mengenai objek penelitian serta untuk mengetahui kearah mana perkembangan jasa persewaan kendaraan. Hasil analisis deskriptif pada I-CARental antara lain ICARental mempunyai konsumen yang didominasi oleh keluarga dan individu. ICARental menyasar segmen individu dan keluarga. Action plan I-CARental dapat menambah konsumen baru dengan membuat paket untuk segmen wisatawan yaitu dengan membuat paket city tour. I-CARental dalam mempertahankan pelanggannya dapat melakukan tindakan pemberian harga khusus untuk pelanggan lama dan sesame rental sebesar 10-20%. Penambahan supir juga dilakukan untuk membuat produk jasa antar jempur dan paket per-jam. Penggunaan supir juga berguna untuk mengurangi resiko tindak kejahatan yang akan terjadi.

Car Rental business is growing rapidly. Lots of car rental business shows up in almost Jakarta area and other big cities such as Bogor. Plenty of Car Rental business make this business competition tighter. Due to business competition is so tight, Car Rental business must have obvious marketing plan so that can be survive much longer. This study aims to formulate a marketing plan for I-CARental Car Rental in order to get the proper action plan. To formulate a marketing plan descriptive analysis in order to obtain an objective picture of the object of study as well as to know which way the development of vehicle rental services. Descriptive analysis on ICARental Rent Car Business include I-CARental have consumer who is dominated by families and individuals. I-CARental segment targeting individuals and families. ICARental Action Plan is adding new customers by making package for tourism segments such as create a city tour package. I-CARental in retaining its customers can take action by giving special pricing for existing customers and partners rentals with 10-20% discount. Hiring new drivers is being done for shuttle services products and per hour package. The use of personal driver from I-CARental is also useful to reduce the risk of crime.

Kata Kunci : Rental Mobil, Marketing Plan, Action Plan


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.