ANALISIS STRATEGI PEMASARAN MENGGUNAKAN SIKLUS HIDUP PRODUK : STUDI PADA MAJALAH PROPERTI INDONESIA
Danny Riaunita Magdalena Panjaitan, Yulia Arisnani, MBA., Ph.D.
2013 | Tesis | S2 Magister ManajemenTujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan hubungan antara konsep Siklus Hidup Produk dan keputusan – keputusan strategi pemasaran. Dalam usahanya mencapai tujuan perusahaan dan memenuhi kebutuhan konsumen, dibutuhkan strategi pemasaran yang tepat. Keputusan – keputusan strategi pemasaran diterjemahkan dalam implementasi bauran pemasaran yang terdiri produk, harga, promosi, dan distribusi. Dalam implementasinya, strategi bisnis dan pemasaran perusahaan membutuhkan pendekatan yang berbeda seiring dengan perubahan lingkungan kompetitif pasar dan berjalannya waktu. Metode yang dipakai dalam penelitian ini bersifat kualitatif, dimana data didapat dari hasil wawancara, studi dokumen terhadap laporan keuangan perusahaan tahun 2007 – 2011, serta observasi terhadap beberapa kegiatan bisnis perusahaan. Hasil penelitian ini diperoleh berdasarkan analisis terhadap angka penjualan, karakteristik konsumen, kompetitor, biaya, dan profit dari Majalah Properti Indonesia. Kelima karakteristik tersebut digunakan sebagai indikator fase produk dalam sebuah Siklus Hidup Produk. Hasil analisis menunjukkan bahwa Majalah Properti Indonesia berada pada fase penurunan (declining). Karena itu strategi pemasaran yang digunakan bersifat tidak efektif dan membutuhkan penyesuaian terkait dengan siklus hidup produknya agar mampu mencapai tujuan bisnisnya.
The aim of this study is to describe the relationship between the concept of Product Lifecycle and decision making marketing strategy. To reach business objectives and meet the needs of consumers, company required appropriate marketing strategy . Marketing strategy decisions are translated in the implementation of the marketing strategy marketing mix consists of product, price, promotion, and distribution. Business strategy and marketing company requires a different approach in line with changes in the competitive environment of the market and the passage of time. The method used in this study is qualitative research method, where data obtained from interviews, study documents of company financial statements in 2007 – 2011, and observations of some business activities. Results were obtained by analysis of sales figures, characteristic of consumers, competitors, cost and profit of Majalah Properti Indonesia. These five characteristic are used as an indicator of the product phase in Product Life Cycle. The analysis showed that Majalah Properti Indonesia is on the decline phase. Therefore marketing strategy used by company are no longer effective and require related adjustments of their life cycle in order to be able to achieve business objectives.
Kata Kunci : Strategi pemasaran, siklus hidup produk, bauran pemasaran, penjualan, konsumen, kompetitor, biaya, profit