ANALISIS STRATEGI KOMPETITIF PERUSAHAAN ASURANSIPT ASURANSI STACO MANDIRI
A. Fachriza, Dr. Budi Santosa, M.Bus.
2013 | Tesis | S2 Magister ManajemenFundamental perekonomian yang kuat dan kebijakan pemerintah yang tepat telah membawa Indonesia kedalam pertumbuhan ekonomi jangka panjang yang berkelanjutan. Industri asuransi umum merupakan salah satu industri di Indonesia yang terkena dampak positif tersebut dengan menunjukkan tren meningkat dalam beberapa tahun belakangan ini. Setidaknya terdapat 87 perusahaan asuransi umum di Indonesia yang bersaing dalam memperebutkan pangsa pasar yang sama. Oleh sebab itu diperlukan strategi kompetitif bagi PT Asuransi Staco Mandiri untuk dapat bersaing dalam industri asuransi umum di Indonesia. Penelitian ini menganalisis faktor eksternal dan internal perusahaan dengan tujuan untuk dapat merumuskan strategi bisnis yang sesuai bagi PT Asuransi Staco Mandiri. Analisis lingkungan eksternal dilakukan dengan menganalisa faktor lingkungan umum dan persaingan industri yang menjadi peluang dan ancaman bagi perusahaan dengan tujuan untuk mendapatkan faktor – faktor sukses kunci dalam industri asuransi. Analisis lingkungan internal perusahaan dilakukan melalui penilaian sumberdaya dan kapabilitas perusahaan dengan menggunakan analisis rantai nilai serta analisis VRIO sehingga didapatkan keunggulan kompetitif berkelanjutan perusahaan. Atas hasil penilaian analisis faktor internal dan eksternal, maka formulasi strategi kompetitif yang paling sesuai bagi PT Asuransi Staco Mandiri yaitu broad differentiation strategy. Strategi ini menekankan pada diferensiasi yang membuat Staco Mandiri memiliki ciri khas berbeda dibandingkan pesaing sehingga nasabah dapat loyal terhadap perusahaan
Strong economic fundamentals and appropriate government policies have brought Indonesia into a sustainable long-term economic growth. General insurance industry is one of the industries that was positively affected that is indicated by increasing trend in recent years. At least there are 87 general insurance companies in Indonesia that are competing for the same market share. Therefore it is necessary for PT Asuransi Staco Mandiri to have a strategy in order to compete in the Indonesian general insurance industry. This study analyzes the internal and external factors of the company in order to formulate the appropriate business strategy for PT Asuransi Staco Mandiri. External environmental analysis is done by analyzing the general environmental factors and industry competition that can become the opportunities and threats for the company in order to obtain the key success factors in the insurance industry. Analysis of internal environment is done through resource assessment and company capability by using value chain analysis as well as VRIO analysis to get sustainable competitive advantages of the company. Based on the assessment analysis result of the internal and external factors, the formulation of competitive strategy that is most appropriate for PT Asuransi Staco Mandiri is broad differentiation strategy. This strategy emphasizes on differentiation that makes a company to have different characteristics compared to the competition so that customers can be loyal to the company.
Kata Kunci : faktor sukses kunci, keunggulan kompetitif berkelanjutan, formulasi strategi, asuransi umum