LAYAR SENTUH BERBASIS FTIR (FRUSTRATED TOTAL INTERNAL REFLECTION) SEBAGAIPAPAN TULIS ELEKTRONIK
AFRIYANI SORAYA SARI, Dr. Agus Harjoko
2013 | Skripsi | ELEKTRONIKA DAN INSTRUMENTASITeknologi berkembang dengan kian pesat dan berbagai penerapannya telah menciptakan banyak kemudahan bagi kehidupan manusia dalam segala aspek dan bidang. Dunia pendidikan pun menjadi salah satu target pengembangan teknologi tersebut.Sebagai contoh konkrit adalah digunakannya dukungan teknologi audio visual dalam upaya meningkatkan efektifitas proses pengajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan salah satu metode layar sentuh berbasis Frustrated Total Internal Reflection (FTIR) sebagai papan tulis elektronik. Sistem ini dibangun dari layar akrilik, LED inframerah, proyektor LCD dan webcam inframerah. Sedangkan dukungan perangkat lunak terdiri atas software pengolah citra CCV (Community Core Vision) serta program aplikasi papan tulis yang dibuat dengan Adobe Flash. Mekanisme kerja Papan Tulis Elektronik ini cukup sederhana, yakni ketika jari pengguna ditekankan pada layar akrilik, akan timbul distorsi pada titik sentuh sehingga webcam dapat menangkap blob yang terbentuk dari gerakan tersebut. Proses deteksi blob menggunakan perangkat lunak computer vision CCV, dimana data dari CCV tersebut digunakan sebagai masukan untuk papan tulis elektronik (Elboard). Pengujian model dilakukan dengan variasi kondisi pencahayaan, jarak webcam terhadap layar serta efektifitas fungsional sistem sebagai papan tulis elektronik. Berdasarkan pengujian tersebut, sistem dapat bekerja optimal dalam ruang tertutup dengan tidak adanya gangguan pencahayaan sinar inframerah lain di sekitar sistem, termasuk cahaya matahari. Jarak webcam terhadap akrilik efektif bekerja pada jarak sekitar 70 – 80 cm.
The technology has grown rapidly and its application has created a lot of convenience to human life in many aspects and fields. The education became one of the target of these technology development. As an example is the use of audio-visual technology in effort of increasing the effectiveness in teaching process. This study is aimed to implement a touch-screen method based on Frustrated Total Internal Reflection (FTIR) as an Electronic Blackboard. This system is constructed from acrylic screen, infrared LED, LCD projector, and infrared webcam. While the supporting software consists of CCV (Community Core Vision) image processing and blackboard application program created with Adobe Flash. The electronic blackboard mechanism is quite simple, i.e. when the user’s finger touch the acrylic screen, distortion will occur at the touching point so that the webcam can capture the movement of blob. The blob detection uses CCV computer vision software, where the CCV’s data is used as an input for the Electronic Blackboard (Elboard). The model is tested with the variety of lighting conditions, the webcam distance to the screen and the functional system effectiveness as an electronic blackboard. Based on these tests, the system can work optimally in a confined space with non interrupting infrared light around the system, including the sunlight. The distance between webcam and acrylic screen to works effectively is approximately 71 – 80 cm.
Kata Kunci : Layar sentuh, papan tulis elektronik, FTIR, CCV, Elboard