KONSEP STRATEGI PEMASARAN MUSEUM FATAHILAH SEBAGAI DAYA TARIK WISATA DI KOTA TUA JAKARTA
NOPI WIDIYASWATI, Prof. Dr. Marsono, S.U
2013 | Skripsi | PARIWISATAMuseum Fatahillah adalah museum yang terletak di kawasan kota tua Jakarta yang merupakan tempat wisata bersejarah di Jakarta. Museum Fatahillah merupakan salah satu saksi sejarah kota Batavia yang memiliki kekayaan sejarah yang dapat dipelajari masyarakat melalui wisata Kota Tua Jakarta. Tujuan penelitian ini adalah untuk dapat mengetahui potensi wisata yang ada di Museum Fatahillah serta strategi pemasaran yang telah dilakukan pengelola kawasan museum Fatahillah dalam mengelola pemasaran Museum Fatahillah. Strategi Pemasaran sangat menentukan keberhasilan suatu daya tarik wisata dalam mencapai visi, misi, dan pelayanan yang akan menentukan kepuasan wisatawan maka dibutuhkan pelayanan yang memuaskan bagi wisatawan. Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Serta menggunakan metode survey yang melibatkan 50 responden. Adapun dalam metode survey tersebut melibatkan 4 komponen penting pada strategi pemasaran, yaitu prodak, tempat, harga, dan promosi yang kemudian dianalisis. Hasil penelitian menunjukkan Museum Fatahillah memiliki berbagai macam potensi wisata yang berupa koleksi benda-benda bersejarah dan peninggalan prasasti yang merupakan simbol dari letak kerajaan di Batavia. Strategi pemasaran yang sudah dijalankan oleh pengelola Museum Fatahillah seperti pengadaan informasi Museum Fatahillah melalui brosur dan pamflet sudah berjalan dengan baik. Dalam analisis konsep 4P didalam Strategi Pemasaran yang telah ditetapkan di Museum Fatahillah memberikan hasil yang positif bagi masyarakat
Fatahillah Museum is a museum located in the old city area of Jakarta, which is a historic tourist attractions in Jakarta. Fatahillah Museum is one of the historical city of Batavia witness who has a wealth of history that can be learned through the old city tour. The purpose of this study was to determine the potential of tourism in Fatahillah Museum as well as the marketing strategy that has been done in the area managers managing marketing Fatahillah Museum. Marketing strategy determines the success of a tourist attraction in achieving the vision, mission, and service will determine traveler satisfaction then the required satisfactory service for tourists. This study uses primary and secondary data. And using survey methods involving 50 respondents. As for the survey method involves four important components of marketing strategy, namely prodact, place, price and promotion that is then analyzed. The results showed Fatahillah Museum has a wide range of tourism potential in the form of a collection of historical artifacts and relics of inscriptions which is a symbol of the kingdom lies in Batavia. Marketing strategies that have been implemented by management such as procurement Fatahillah Museum. Fatahillah Museum information through brochures and pamphlets are already well underway. In the analysis of the concept of 4Ps in Marketing Strategy that has been set in the Museum Fatahillah gave positive results for the community
Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Daya Tarik