Laporkan Masalah

EVALUASI DAN PENGEMBANGAN TERMINAL PENUMPANG TIPE B (Studi Kasus : Terminal Malengkeri Kota Makassar)

AWAL RAHMAT HADIANCE, Prof. Ir. Sigit Priyanto, M.Sc., Ph.D.

2013 | Tesis | S2 Mag. S. & T.Transportasi

Terminal Malengkeri yang berlokasi di jalan Sultan Alauddin kota Makassar berfungsi sebagai Terminal Penumpang tipe B dan sebagai titik simpul pergantian moda transportasi angkutan penumpang umum bagi mobilitas masyarakat di kawasan selatan kota Makassar. Dengan kondisi fasilitas dan luas areal terminal ± 2,6 ha berpotensi menimbulkan beberapa permasalahan dengan pertumbuhan demand yang terus meningkat. Penelitian ini bertujuan menganalisis pola sirkulasi terminal, kondisi fasilitas terminal dengan mengacu pada standar terminal penumpang tipe B, menghitung kapasitas terminal, dan merumuskan konsep perancangan sesuai dengan peran dan fungsinya. Penelitian ini diawali dengan survey awal untuk melihat langsung permasalahan seputar terminal, kondisi eksisting fasilitas terminal dan survey langsung terhadap angkutan umum dan penumpang. Kemudian melakukan analisis data dan perumusan konsep perancangan sebagai bahan usulan dalam rangka pengembangan Terminal Malengkeri. Hasil analisis diperoleh kondisi fasilitas yang tidak layak dan tidak sesuai standar, sirkulasi pejalan kaki dan kendaraan bercampur, baik kendaraan umum maupun kendaraan pribadi; demand terminal untuk headway kedatangan di dapatkan rata-rata 0,35 detik dan keberangkatan sebesar 0.03 detik, load factor terminal untuk kedatangan rata-rata 0,51 detik dan keberangkatan rata-rata 0,80 detik, durasi parkir dari jam 08.00-20.00 dengan nilai rata-rata 0,48 detik, jumlah kendaraan yang beroperasi ± 3.516/hari dengan perbandingan presentase 29% jenis kendaraan umum dan 71% kendaraan pribadi, dan jumlah penumpang untuk kedatangan didapatkan rata-rata 139 orang/jam dan untuk keberangkatan rata-rata 91 orang/jam. Untuk rencana pengembangan Terminal Malengkeri difokuskan pada perencanaan aksesibilitas dan sirkulasi dalam terminal, dan tata layout bangunan terminal. Kebutuhan luas lahan sebesar 78.136,35 m 2 (± 8 Ha).

Malengkeri Terminal is located at Jalan Sultan Alauddin in the town of Makassar have a function as nodes for public exchange passenger transportation for the mobility of people in the southern of Makassar city. With facility condition and terminal areal wide is ± 2,6 ha. Potentially occurred some problems with demand grown which keep growing. This research objective to analysed the path of terminal circulation, the terminal facility condition with reference to the terminal type B standard, counting the terminal capacity and calculating concept design that fit with its role and function. This study started with first survey to directly observe the problem around the terminal, existing terminal facility condition, and direct survey to the public transportation and the passenger. Then make data analysis and calculating concept design as suggestion addition in case to Malengkeri Terminal development. The analysis result gets the inappropriate facility condition and out of standard, pedestrian and vehicles circulation is mixed, even public and private. The terminal demand for arrival and departure equally 0,80 second, parking duration from 08.00 - 20.00 o’clock with equally point 0,48 second, number of operating vehicles ± 3.516/day with comparison percentage 29% of public vehicle and 71% private, and the number of arrival passenger up to 139 man/hour and for departure 91 man/ hour. For Malengkeri Terminal development plan focused to accessibility and internal Terminal circulation plan, and layout arranging terminal building. Wide plan needed up to 78.136,35 m2 (± 8 Ha).

Kata Kunci : evaluasi, terminal penumpang tipe B, demand, sirkulasi, konsep perancangan


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.