Laporkan Masalah

ANALISIS STRUKTUR PILAR R3 FLYOVER JOMBOR DI PROPINSI DIY

ATINA TUNGGA DEWI, Dian Sestining Ayu, ST., MT.

2013 | Tugas Akhir | D3 TEKNIK SIPIL

Proyek Flyover Jombor ini bertujuan untuk menunjang kelancaran pergerakan arus lalu lintas di persimpangan Jombor. Persimpangan Jombor merupakan titik simpul atau pertemuan Jalan Ringroad di Yogyakarta dengan Jalan Nasional (Jalan Yogyakarta-Magelang) yang menghubungkan Yogyakarta dengan wilayah Propinsi Jawa Tengah. Pilar flyover merupakan bagian struktur penting dari flyover yang berfungsi sebagai penyangga flyover. Kegagalan dalam perencanaan pilar dapat mengakibatkan keruntuhan total dari struktur flyover. Tugas Akhir ini mencoba meninjau kembali analisis struktur pilar pada Flyover Jombor yang mengacu pada Peraturan Perencanaan Teknik Jembatan (PPTJ). Berdasarkan analisis struktur pilar, diambil kesimpulan bahwa: a) Tulangan pokok dan tulangan geser kolom pilar dari hasil perhitungan sama dengan pelaksanaan di lapangan, yaitu 76D32 (tulangan pokok) dan D16-125 (tulangan geser). b) Jumlah tulangan pokok dan jarak tulangan geser (sengkang) lengan pilar berbeda antara hasil perhitungan dan pelaksanaan di lapangan. Dari perhitungan diperoleh 38D32 (tulangan pokok) dan D16-100 (tulangan geser), sedangkan pelaksanaan di lapangan 30D32 (tulangan pokok) dan D16-125 (tulangan geser). Perbedaan ini disebabkan oleh perbedaan pembebanannya.

Flyover Jombor project aims to support the smooth movement of the traffic flow at the intersection of Jombor. Intersection of Jombor is a node point or meeting between Ringroad in Yogyakarta and National Road (Yogyakarta-Magelang Road) which connects Yogyakarta with Province of Centtral Java. Piers of flyover are part of the essential structure of flyover that serves as a buffer flyover . Failure to plan of the piers may result in the total collapse of the flyover structure. The final try revisiting structure analysis of pier at Jombor Flyover referring to Bridge Engineering Planning Regulations (PPTJ). Based on the analysis of the pier structure, it is concluded that: 1. Pier column reinforcement ratio between the results of calculations with the implementation on the ground has the same value, that is 76D32 (main reinforcement) and D16-125 (shear reinforcement). 2. There are differences in the principal amount of reinforcement and shear reinforcement spacing (cross bar) arm pier between the calculation results with the implementation in the field, there are for the calculation 38D32 (main reinforcement) and D16-100 (shear reinforcement), while the results on the field 30D32 (main reinforcement) and D16-125 (shear reinforcement). It happened due to differences in loading.

Kata Kunci : pilar, Flyover Jombor, tulangan


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.