REINTERPRETASI SUSUNAN ARCA-ARCA CANDI MANDAPA PLAOSAN, KLATEN, JAWA TENGAH BERDASARKAN KAJIAN IKONOGRAFI DAN KONSEP KEAGAMAAN
YOSES TANZAQ, Dra. Niken Wirasanti, M.Si
2013 | Skripsi | ARKEOLOGITopik: Candi Mandapa Plaosan merupakan salah satu bangunan yang ada pada Kompleks Candi Plaosan, yang terletak di Dukuh Plaosan, Kelurahan Bugisan, Prambanan, Klaten, Jawa tengah. Bangunan Candi Mandapa Plaosan ini, terdapat susunan arca yang berjumlah 21 buah. Penelitian ini mengkaji identitas dari tokoh yang diarcakan berdasarkan tinjauan ikonografi dan latar belakang konsep keagamaan yang menjadi dasar penyusunan arca-arca tersebut. Permasalahan dan Tujuan: Permasalahan dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimanakah penggambaran arca-arca pada Candi Mandapa Plaosan? 2. Apakah latar belakang konsep keagamaan penempatan arca-arca pada Candi Mandapa Plaosan? 3. Apakah susunan arca-arca pada Candi Mandapa Plaosan yang merupakan hasil pemugaran sesuai dengan ikonografi dan konsep keagamaan? Tujuan yang diharapkan dari penelitian ini adalah: (1) Mengetahui identitas tokoh arca, (2) Konsep keagamaan yang menjadi dasar penyusunan arca, yakni, Mandala Buddha, (3) Kesesuaian antara susunan yang ada saat ini dengan konsep keagamaan. Metode: Penelitian ini bersifat deskriptif analitis dan menggunakan penalaran induktif. Arca-arca yang ada akan dikaji dengan menggunakan pendekatan ikonografi, sedangkan pola susunannya akan dikaji berdasarkan analisis kontekstual, baik berdasarkan kitab-kitab keagamaan dan perbandingan terhadap arca-arca pada bangunan candi lain. Kesimpulan: Penelitian ini berhasil mengungkap identitas tokoh yang diarcakan sebanyak 17 arca, sisanya sebanyak empat buah arca tidak berhasil diidentifikasi. Tokoh yang diarcakan merupakan tokoh yang ada pada pantheon buddhis, yaitu, Dhyani Buddha dan Bodhisattwa. Adanya tokoh-tokoh tersebut menandakan bahwa susunan arca-arca Candi Mandapa Plaosan didasari oleh Konsep Ratnatraya yang diwujudkan dalam Garbhadhatu-mandala. Hal ini juga berdasarkan konsep yang ada dalam Kitab Sang Hyang Kamahayanikan.Susunan arca-arca yang ada pada saat penelitian ini berlangsung, ternyata tidak sesuai dengan konsep keagamaan yang melatarbelakanginya, sehingga diperlukan rekonstruksi terhadap susunan arca yang ada pada Candi Mandapa Plaosan.
Topic: The Mandapa Plaosan is one of the building in Plaosan Temple Complex which it located in Plaosan Village, Bugisan District, Prambanan, Klaten, Central Java. There are 21 statues in Mandapa Plaosan Temple. This research is try to discover figure identity of that statues based from Iconographic and religion background. The religion background became a basic rule of statue’s constellation. Problem and Purpose: The problem in this research are: 1. How is visualization of Plaosan’s statues? 2. What is religion concept that used in to set the constellation of statues in Plaosan Tempel. 3. Is the constellation of statues in Mandapa Plaosan Temple, that outcome from nowadays restoration, fit with the iconography and religion concept? Aim of this research are: (1) Know the figure identity of statues, (2) Religion concept that used for set the statue’s constellation is Buddhist Mandala, (3) Fit constellation with religion background. Method: The research uses a descriptive-analytic and inductive reasoning. The statues are assessed using iconographic approach. Whereas, the pattern of constellation is assessed using contextual analysis based from religion manuscripts and comparison toward others temple’s statues. Conclusion: This is research is discover figure identity of 17 statues in Mandapa Plaosan Temple. The last 4 statues is unidentified. Figure of statues are Buddhist pantheon figures, Dhyani Buddha and Bodhisattwa. That two figures could be a sign of constellation based from Ratnatraya concept and represent Garbhadhatu-mandala. This is based from concept in Sang Hyang Kamahayanikan Manuscript. The constellation from nowadays-restoration didn’t fit with religion concept. So, it needs to reconstruct to set the right constellation in Mandapa Plaosan Temple.
Kata Kunci : -