Laporkan Masalah

RESERVASI DAN ISSUED TIKET PENERBANGAN DOMESTIK DI KPRI KARYA NUKLIDA TOUR & TRAVEL YOGYAKARTA

MARCELLINUS ABIA NANTHRA MARTIN, Pitaya, S.E.T,.M.Sc ,

2013 | Tugas Akhir | D3 KEPARIWISATAAN

Bisnis transportasi di Indonesia terus berkembang pesat seiring berjalan waktu. Menjadi sangat penting bagi masyarakatnya yang tersebar di banyak pulau, dan kebutuhan berpindah tempat juga semakin banyak. Di negara kepulauan ini transportasi udara adalah transportasi yang paling cepat dan efektif untuk berpindah tempat. Keefektifan dalam mendapatkan tiket pesawat juga menjadi salah satu hal yang sangat diperhatikan oleh para calon penumpang. KPRI Karya Nuklida Tour & Travel Yogyakarta adalah salah satu tempat yang menawarkan jasa pemesanan tiket penerbangan domestik. Dari penelitian yang dilakukan KPRI Karya Nuklida Tour & Travel Yogyakarta banyak kendala yang didapatkan saat proses reservasi dan issued tiket penerbangan domestik yang perlu diperhatikan. Human Error, koneksi internet yang mengalami trouble, sistem keagenan maskapai yang terkadang mengalami perbaikan, pembatalan sepihak dari maskapai penerbangan serta persaingan yang ketat dibidang tiketing yang terus berkembang seiring berjalannya waktu. Hal tersebut harus diperbaiki agar para pelanggan tidak berpindah ke agen lain.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi dan wawancara keduanya dilakukan saat pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan (PKL) untuk mengetahui proses reservasi dan issued tiket penerbangan domestik di KPRI Karya Nuklida Tour & Travel Yogyakarta. Berdasarkan analisis dari hasil yang didapatkan, KPRI Karya Nuklida Tour & Travel Yogyakarta perlu memberikan pelatihan bagi karyawannya agar kemampuan dalam melayani calon pembeli tiket semakin baik. KPRI Karya Nuklida Tour & Travel Yogyakarta juga harus melakukan perbaikan di berbagai sisi, agar kedepannya berkembang menjadi lebih baik dan maju.

Transportation business in Indonesia is developing as time runs. It is very important for Indonesia people that are spread in islands and their needs in mobilization that increases. For country that has a lot of islands like Indonesia, air transportation is the most efficient way to move, it does not take long time for the trip. Besides, the easy way to get the ticket also affects the passenger to choose air transportation for the trip. KPRI, Karya Nuklida Tour & Travel Yogyakarta, is one of agents that offers reservation and issue air plane tickets service for domestic flights. As the observation that has been done by KPRI, there are so many problems that need more attention in ticket reservation and issue for domestic flight, such as human error, internet trouble connection, agents down services, ticket cancelation from airlines company when it is bankrupt, and also high competition between travel agents. This kind of problems should be fixed to keep passengers for not moving to others agents. Method that was used in this study was observation and interview during the on-the job-training (OJT) program to understand the process of reservation and issue ticket of domestic flight in KPRI Karya Nuklida Tour and Travel Yogyakarta. Based on the analysis, it can be concluded that KPRI Karya Nuklida Tour and Travel Yogyakarta needs to give more training for the workers to improve their ability in giving services to costumers.KPRI Karya Nuklida Tour and Travel Yogyakarta also needs to fix problems in some aspects to make themselves better.

Kata Kunci : reservasi, kendala, proses


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.