ANALISA DAMPAK LAYANAN PURNA JUAL TERHADAP PENJUALAN ALAT BERAT DIPT KOBEXINDO TRACTORS TBK
Fahmi Rizal, Drs. Ahmad Jamli, M.A.
2013 | Tesis | S2 Magister ManajemenPenelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor layanan purna jual yang mempengaruhi penjualan pada perusahaan distribusi alat berat di Indonesia. Selain tujuan tersebut penelitian ini juga digunakan untuk menganalisi faktor penentu dari layanan purna jual untuk mempertahankan pertumbuhan penjualan alat berat. Dalam hal ini perusahaan yang akan diteliti adalah PT Kobexindo Tractors Tbk. Alat berat yang menjadi produk yang dijual perusahaan tersebut merupakan capital goods. Penelitian dilakukan dengan menggunakan regresi multiple antara penjualan dan faktor layanan purna jual yang diterjemahkan menjadi 5 bagian seperti Machine Availability (MA), MTBF/MTTR, Parts Availability (PA), Parts Response (PR), Kualitas Mekanik. Dari hasil regresi data-data primer dan sekunder yang ada akan dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan peneliti atas tujuan penelitian yang ingin dicapai. Dalam penelitian ini didapatkan hasil bahwa layanan purna jual berpengaruh sekitar 71% atas penjualan alat berat. Dan Parts Availability (PA) merupakan faktor layanan purna jual yang paling berpengaruh nyata terhadap penjualan.
This study aims to identify factors that influence sales service sales on heavy equipment distribution company in Indonesia. In addition to these objectives of this study are also used to analyze the determinants of after-sales service to sustain sales growth of heavy equipment. In this case the company that will be examined is PT Kobexindo Tractors Tbk. Heavy equipment into the product sold is a capital goods. The study was conducted by using multiple regression between sales and after-sales service factor which translates into 5 sections as Machine Availability (MA), MTBF / MTTR, Parts Availability (PA), Parts Response (PR), and Quality of Technician. From the results of the regression data of existing primary and secondary will be able to answer these questions researchers on the study objectives to be achieved. In the present study showed that after-sales service affects approximately 71% of the sales of heavy equipment. And Parts Availability (PA) is a factor-sales service most significant effect on sales.
Kata Kunci : Capital Goods, Penjualan, Layanan Purna Jual