Analisis Keefektifan Facebook ADS di Jejaring Sosial facebook.com sebagai Media Iklan Online Berdasarkan Respon Pengguna
Asep Hermansah, Dr. Sony Warsono, MAFIS., Ak.
2013 | Tesis | S2 Magister ManajemenKepopuleran situs jejaring sosial facebook.com dan kegiatan sosialisasi online yang sangat interaktif telah menarik minat para pemasar untuk melakukan kegiatan pemasaran. Dengan keinteraktifan tersebut diharapkan situs jejaring sosial facebook.com dapat menjadi media iklan online atau sebagai pintu masuk untuk menuju situs atau website suatu perusahan atau organisasi. Dalam media internet terdapat proses interkasi dan saling mempengaruhi antara pemasar, media komunikasi dan target komunikasi pemasaran. Proses interaksi dan saling mempengaruhi tersebut berpengaruh pada keefektifan iklan online khususnya facebook ads. Penelitian tesis ini bertujuan menganalisis keefektifan Facebook Ads di Faceboook.com sebagai media iklan online berdasarkan respon pengguna. Facebook.com adalah sebuah website jejaring sosial media yang saat ini sangat populer di dunia dan Indonesia. Analisis dilakukan untuk mengetahui pengaruh karakteristik dan interaksi antara pengguna terhadap respon pengguna pada iklan online facebook ads. Hasil penelitian menunjukan bahwa keefektifan Facebook ads sebagai media iklan online dipengaruhi secara positif oleh beberapa variable diantarnya; Frekuensi kunjungan, berkunjung, serta tidak berpengaruhnya efek flow pada saat pengguna mengakses situs facebook.com.
The popularity of social media facebook.com and it’s online social activities are highly interactive has attracted the interest of marketers to conduct e-marketing. Facebook.com can be advertising medium or as an entry point to get to the website or the website of a company or organization. In the internet there is a process of interaction and mutual influence among marketers, media communications and targeted marketing communications. The process of interaction and mutual influence affects the effectiveness of online advertising, especially facebook ads. This thesis research aims to analyze the effectiveness of facebook ads in Faceboook.com as online advertising media based on user response. Facebook.com is a social media networking website that is currently very popular in the world and Indonesia. Analyses were conducted to determine the effect of the interaction between user characteristics and the user's response to online advertising facebook ads. The results showed that the effectiveness of facebook ads as online advertising medium either positively influenced in part by the variable the frequency of visits, duration of visits, and no influential effect on the flow effect when users access facebook.com website.
Kata Kunci : Jejaring sosial, kunjungan berulang, lama berkunjung, efek flow dan respon.