Pengukuran Atribut Green Hotel Yang Diinginkan oleh Konsumen di Living Colours Dive Resort
Adithra Ranggawuni, Dra. Yulia Arisnani, M.B.A., Ph.D.
2013 | Tesis | S2 Magister ManajemenKesadaran masyarakat akan permasalahan lingkungan terus berkembang, ini disebabkan terganggunya kelestarian alam dan makhluk hidup karena aktivitas manusia. Pertumbuhan industri perhotelan dan resort terus berkembang sehingga ini menunjukkan bahwa akomodasi sangat penting untuk menunjang kebutuhan wisatawan namun aktivitas bisnis ini memberikan dampak terhadap lingkungan. Diperkirakan 75% dampak lingkungan disebabkan oleh kegiatan perhotelan melalui penggunaan barang, energi dan air yang berlebihan serta hasil limbah yang dicemarkan ke udara, air dan tanah. Dampak lingkungan yang diakibatkan oleh kegiatan perhotelan dan resort tersebut, membuat banyak manajemen hotel harus mengadopsi strategi pembangunan yang ramah lingkungan dan menggunakan green manajemen untuk mendukung kegiatan hotel ramah lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi atribut-atribut ramah lingkungan (green attributes) yang diinginkan oleh tamu hotel dan untuk mengevaluasi the truly green hotel menurut perspektif dari konsumen. Masalah dalam penelitian ini diajukan untuk mengetahui green attributes yang diinginkan oleh tamu hotel di dalam kamar yang diukur melalui penilaian pada daftar green attributes yang disediakan hotel di dalamkamar. Sedangkan untuk mengevaluasi the truly green hotel diukur melalui opini konsumen mengenai green hotel. Teori yang digunakan dalam penelitian ini membahas persepsi konsumen mengenai green hotel. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 114 orang responden yang berasal dari tamu-tamu yang menginap di Living Colours Dive Resort yang berada di Bunaken, Sulawesi Utara. Teknik analisis data menggunakan analisis statistika deskriptif berupa distribusi frekuensi, nilai ratarata (mean) dan uji komparatif. Hasil penelitian menunjukkan daftar green attributes yang diinginkan oleh responden dan sebagian besar dari responden menyetujui penggunaan dari green attributes. Para responden memberikan tanggapan positif mengenai green hotel, sehingga menunjukkan bahwa para tamu hotel memahami manfaat dari green hotel terhadap lingkungan dan menunjukkan kepercayaan dalam menggunakan pelayanan green hotel.
Public awareness of environmental issues continues to grow, this is caused by the disruption of nature conservation and living because of human activity. The growth of the hospitality and resort industry continues to develop, so this shows that the accommodation is very important to support the needs of tourists, but these business activities have an impact on the environment. An estimated 75% of the environmental impact caused by the hospitality activities through the use of goods, energy and excess water and waste result defamed into the air, water and soil. The environmental impact caused by the hospitality and resort activities, making many hotel management should adopt development strategies and the use of environmentally friendly green hotel management to support environmentally friendly activities. This study aimed to identify the attributes of environmentally friendly (green attributes) desired by hotel guests and to evaluate the truly green hotel based on the perspective of the consumer. The problem posed in this study to determine the green attributes desired by hotel guests in the room that measured by assessing the list of green attributes which provided in the room. Meanwhile, to evaluate the truly green hotel is measured through consumer opinions about the green hotel The theory used in this study discusses the consumer perception regarding green hotel. The sample in this research were 157 respondents from guests who stayed at Living Colours Dive Resort is located on Bunaken, North Sulawesi. Data analysis techniques using descriptive statistical analysis in the form of a frequency distribution, the average value (mean) and the comparative test. The results showed a list of green attributes desired by the respondents, but this does not indicate that they did not approve the use of green attributes as most of the respondents agreed to the use of green attributes. The respondents gave positive feedback about the hotel green, indicating that our guests understand the benefits of green hotel on the environment and show confidence in using green hotel services.
Kata Kunci : Green Marketing, Green Hotel, Green Attributes