Laporkan Masalah

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BAHASA JAWA

ANITA AISAH, Prof. Dr. Asmadi Alsa, SU.,P.Si.

2013 | Tesis | S2 Magister Profesi Psikologi

Motivasi belajar Bahasa Jawa pada siswa Sekolah Dasar adalah rendah. Hal ini akan berdampak negatif yaitu menurunnya apresiasi para siswa terhadap budaya Jawa yang seharusnya dilestarikan. Untuk mengatasi rendahnya motivasi belajar Bahasa Jawa dibutuhkan suatu metode pembelajaran yang menarik yaitu metode pembelajaran secara berkelompok. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode student team achievement division (STAD). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode STAD terhadap motivasi belajar Bahasa Jawa siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan untreated control group design pretest and posttest. Hasil uji statistik menggunakan anava mix design menunjukkan adanya perbedaan yang sangat signifikan pada kelompok eksperimen antara sebelum dan sesudah penerapan metode pembelajaran STAD. Selain itu terdapat perbedaan yang sangat signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan nilai sig (0,002) < 0,01.

Motivation to learn of Java Language in elementary school students is low. This will negatively impact the declining apreciation students to the Javanese culture that should be preserved. To overcome the lack of motivation to learn of Java Language takes an interesting learning method is a method of learning in groups. The method will use in this research is a method of student team achievement division (STAD). This study aimed to determine the effect of the implementation of STAD method to motivate students to learn of Java Language. This research will used untreated control group design pretest and posttest. The results of statistical tests using mixed design Anova showed a highly significant difference between the experimental group before and after the application of learning methods STAD. In addition there is a significant difference between the experimental group and the control group with sig (0,002) < 0,01.

Kata Kunci : Motivation to learn of Java Language, Method of Student Team Achivement Division, Elementary School Student


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.