Laporkan Masalah

PERILAKU OVERREACTION JANGKA PANJANG DI PASAR MODAL BERKEMBANG STUDI EMPIRIS PADA BURSA EFEK INDONESIA

Anita Prawitasari, Prof. Dr. Marwan Asri, MBA., Ph.D

2013 | Tesis | S2 Manajemen

Fakta dalam berbagai penelitian di bidang pasar modal dan mengenai perilaku keuangan (behavioral finance) menyatakan bahwa terdapat beberapa penyimpangan yang terjadi yang dapat mempengaruhi harga saham. Penyimpangan tersebut diantaranya adalah implikasi dari fenomena overreaction. Overreaction didefinisikan sebagai reaksi yang berlebihan mengenai respon terhadap munculnya informasi baru. Konsep overreaction juga telah diperkenalkan dalam suatu strategi investasi yang disebut dengan strategi kontrarian (contrarian strategy). Strategi ini merupakan strategi yang memungkinkan investor untuk membeli saham loser dan menjual saham winner, sehingga investor dapat memperoleh abnormal return. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menguji overreaction dari investor pada periode diinformasikannya company event oleh perusahaan yaitu informasi pengumuman akuisisi saham oleh investor institusi, 2) menguji overreaction dari investor pada periode terjadinya market event, yaitu informasi pengumuman peningkatan rating Indonesia menjadi Investment Grade, 3) menguji contrarian strategy dapat menghasilkan abnormal return yang positif. Pemilihan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling. Kriteria yang dijadikan dasar dalam sampel penelitian ini adalah: 1) Saham yang diambil sebagai sampel merupakan saham perusahaan yang telah terdaftar di BEI dengan periode pengamatan jangka panjang yaitu periode pengamatan 2009-2011, dan 2) Saham-saham tersebut tidak mengalami delisting selama periode pengamatan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data harga saham mingguan dengan panjang window 36 untuk company event dan 30 untuk market event. Pengujian data dilakukan dengan uji One Sample T-Test untuk melihat pergerakan harga saham di sekitar minggu terjadinya event. Uji Independen Sampel T-Test digunakan untuk melihat apakah terjadi overreaction akibat peristiwa yang terjadi dengan membandingkan abnormal return saham winner maupun saham loser antara periode pengujian dengan periode pembentukan. Pengujian strategi kontrarian menggunakan Independen Sampel T-Test dengan tujuan untuk melihat perbandingan antara saham winner dengan saham loser pada periode pengujian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi overreaction yang diakibatkan oleh adanya informasi company event maupun market event. Hasil analisis juga menunjukkan bahwa strategi kontrarian mampu menghasilkan return positif yang terlihat dari perubahan nilai abnormal return yang ditunjukkan oleh saham loser yang mempunyai nilai abnormal return negatif pada periode pembentukan dan berbalik arah menjadi positif pada periode pengujian.

Facts in a variety of researches in the field of capital markets and the behavioral finance state that there are some deviations which affect the stock price. Such deviations are the implications of the phenomenon of overreaction. Overreaction is defined as an overreaction concerning the response to the emergence of new information. Overreaction concept has also been introduced in an investment strategy called contrarian strategy. This strategy is a strategy that allows investors to buy loser stocks and sell winner stocks, so that investors can earn abnormal returns. This study was aimed to: 1) test the overreaction of investors in the period in which company event is informed by the company which consists of the information acquisition of shares by institutional investors, 2) test the overreaction of investors in the period when market events occurs, which is the information of the announcement of an increase of Indonesia's rating into Investment Grade, 3) test whether the contrarian strategy is able to produce a positive abnormal return. Sample selection was carried out by using purposive sampling method. The criteria used as the basis for this study sample were: 1) Shares which were used as samples were company’s stocks listed on the Stock Exchange with a longterm observation period, namely the observation period 2009-2011, and 2) These shares did not experience any delisting during the period of observation. The data used in this study were window 36-long weekly stock price data for the company event and 30 for market events. The data testing was conducted by using the One Sample T-Test to see the movement of stock prices around the week of the event. Independent Samples T-Test was used to see whether overreaction occurred as the result of the event by comparing the abnormal returns of both winner and loser stocks during the testing and the formation period. Independent Samples T-Test was applied to test the contrarian strategy in order to see the comparison between the winner and loser stocks in the testing period. The results of this study indicated that there was an overreaction caused by the information of the company event as well as the market events. The results of the analysis also showed that the contrarian strategy was able to produce a positive return that came from the changes in the value of abnormal return which was demonstrated by stock loser that had a negative abnormal return value in the formation period and turned its direction into a positive in the testing period.

Kata Kunci : Company event, Market Event, Overreaction, Contrarian Strategy, Bursa Efek Indonesia.


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.