Laporkan Masalah

ANALISIS RANTAI NLIAI (VALUE CHAIN) PT APPLE PRIMA PERSADA UNTUK MENCARI POTENSI SINERGI

Teresia Mega Oktafianti, Amin Wibowo, M.B.A., Ph.D.

2013 | Tesis | S2 Magister Manajemen

Penelitian ini berkaitan dengan analisis lingkungan internal perusahaan, yaitu dengan analisis rantai nilai (value chain), untuk mencari potensi sinergi yang dapat terbentuk antar unit bisnis perusahaan yang saling berhubungan. Analisis rantai nilai menurut Porter (1985), merupakan salah satu cara sistematis untuk memeriksa seluruh kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan dan bagaimana seluruh kegiatan tersebut berinteraksi, serta untuk menganalisis sumber keunggulan bersaing (competitive advantage). Dengan berdasar pada strategi horizontal yang bertujuan mengidentifikasi dan mengeksploitasi antar unit bisnis yang interrelationship yang berbeda namun tetap saling berhubungan, analisis rantai nilai antar unit bisnis dilakukan, untuk mencari potensi sinergi. Pada penelitian ini, yang menjadi objek penelitian adalah PT Apple Prima Persada, salah satu perusahaan yang bergerak di bidang jasa pelayanan desain grafis dan periklanan, yang telah berdiri sejak tahun 2000, dengan kantor pusat berada di kota Batam, Kepulauan Riau. Pada perkembangannya, perusahaan ini memiliki tiga unit bisnis lain, yaitu CV Oce Media Pratama (Batam) dan PT Era Media Perkasa (Jakarta). Masing-masing unit bisnis tersebut memiliki management system yang berbeda-beda, dengan bidang bisnis yang sebenarnya masih dalam bidang yang berkaitan. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif yang merupakan metode prosedur pemecahan masalah yang diselidiki dengan menggambarkan atau melukiskan keadaan objek penelitian pada saat sekarang berdasarkan fakta-fakta yang tampak atau sebagaimana adanya, yaitu dengan melihat kasus yang berkembang saat ini (Nawawi & Matini, 1992 : 27). Hasil yang telah didapatkan oleh penulis dalam penelitian ini yaitu terdapat 7 (tujuh) potensi sinergi yang dapat tercipta antar unit bisnis PT Apple Prima Persada ; inbound logistic, operations, marketing and sales, services, human resources management, firm infrastructure, technology development. Hasil analisis potensi sinergi ini tentunya tidak terlepas dari sumber daya serta kemampuan yang dimiliki oleh masing-masing unit bisnis perusahaan.

This research deals with the analysis of the company's internal environment, namely the analysis of the value chain, to look for potential synergies that can be formed between the company's business units are interconnected. Analysis of the value chain according to Porter (1985), is a systematic way of examining all the activities undertaken by the company and how all of these activities to interact, and to analyze the sources of competitive advantage. One based on the horizontal strategy that aims to identify and exploit the interrelationship between business units are different but interconnected, value chain analysis conducted between business units, to look for potential synergies. In this study, which is the object of research is Apple Prima Persada Ltd., one of the companies engaged in the field of graphic design services and advertising, which has stood since 2000, with headquarters located in the city of Batam, Riau Islands. In its development, the company has three business units, namely the CV Oce Media Pratama (Batam) and Era Media Perkasa Ltd. (Jakarta). Each business unit has a management system that is different, the field is still in business related fields. The study was conducted using a qualitative descriptive method is a method of problem-solving procedures are investigated to describe or depict the state of the object of research at the present time based on the facts that appear or as they are, is to see a growing case today (Nawawi & Matini, 1992: 27). The results that have been obtained by the author in this research that there are 7 (seven) potential synergies that can be created between business units Apple Prima PT Persada ; inbound logistics, operations, marketing and sales, services, human resources management, firm infrastructure, technology development. The results of the analysis of potential synergies is certainly not independent of the resources and capabilities possessed by each of the company's business units.

Kata Kunci : business related, value chain, sinergi, horizontal strategy, competitive advantage, corporate advantage


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.