ANALISIS STRATEGI BERSAING PERUSAHAAN JASA KONSULTASI ENTERPRISE RESOURCES PLANNING (ERP) STUDI PADA PT SOLTIUS INDONESIA
Setio Candrawati Ningsih, Amin Wibowo, M.B.A., Ph.D.
2013 | Tesis | S2 Magister ManajemenPenelitian ini bertujuan untuk menentukan usulan strategi perusahaan dengan menggunakan alat penelitian matriks SPACE (Strategic Position and Action Evaluation) dan untuk mendefinisikan proses penyusunan strategi perusahaan yang sistematis dan benar sehingga perusahaan dapat melaksanakannya untuk mencapai keunggulan bersiang yang berkelanjutan. Penelitian dilakukan di suatu perusahaan jasa konsultasi Enterprise Resources Planning (ERP) yang merupakan unit bisnis di sebuah grup perusahaan teknologi informasi terbesar di Indonesia. Dengan melakukan analisis internal dan eksternal menggunakan data sekunder, data hasil wawancara dan diskusi kelompok terhadap dewan direksi perusahaan, didapatkan informasi yang diperlukan untuk mengetahui postur strategi dan strategi bersaing perusahaan dengan menggunakan matriks SPACE (Strategic Position and Action Evaluation). Selanjutnya didefinisikan strategi perusahaan dan langkah-langkah penyusunan strategi yang sesuai dengan teori manajemen strategi untuk mencapai keunggulan bersaing perusahaan. Hasil dari penelitian adalah bahwa postur strategi perusahaan adalah postur strategi aggressive dengan strategi bersaing cost leadership. Saat ini perusahaan berada dalam industri yang sedang dalam tahapan bertumbuh (growth) dengan peluang pasar yang tinggi, lingkungan yang cukup stabil, tingkat persaingan yang cukup tinggi serta kekuatan finansial yang cukup. Karena itu perusahaan bertujuan menurunkan biaya dibandingkan pesaing tanpa mengorbankan kualitas. Proses penyusunan strategi perusahaan diperbaiki dengan menambahkan langkah-langkah dalam manajemen strategi yang saat ini belum dilaksanakan.
The research objectives are to define proposed company strategy by doing internal and external analysis with SPACE (Strategic Position and Action Evaluation) Matrix and to define a systematic strategy formulation process which will use to achieve the sustainable competitive advantage. Research was performed at an Enterprise Resources Planning (ERP) consulting firm, which is a member of the biggest information technology group of company in Indonesia. Internal and external analysis were performed by using secondary data, interview and focus group discussion result with the board of directors (president director, sales director and delivery director). The information was analyzed by using SPACE (Strategic Position and Action Evaluation) matrix which defined company strategy and strategy formulation steps according to strategic management theory in order to achive the competitive advantage. The suitable strategic posture is aggressive and the competitive strategy is cost leadership. Currently company is in the growth industry which has high potential, relatively stable environment and financial strength. The company objective is to reduce cost compared to its competitor without sacrificing delivery quality. Strategy definition process is enhanced by adding several steps in strategic management whihc is not implemented yet.
Kata Kunci : manajemen strategi, matriks SPACE, postur strategi, strategi bersaing