Laporkan Masalah

Analisis Faktor-faktor Pembentuk Suasana Toko (Social Cues, Design Cues, dan Ambient Cues) terhadap Keputusan Pembelian Impulsif oleh Konsumen Ambarukmo Plaza

Hanny Permata Sari, Dra. Yulia Arisnani Widyaningsih, M.B.A., Ph.D.

2013 | Tesis | S2 Magister Manajemen

Studi ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana pengaruh cues pembentuk suasana toko terhadap keputusan pembelian impulsif oleh konsumen. Cues yang dimaksudkan ada tiga yaitu: sosial cues, design cues, dan ambient cues yang secara bersama-sama maupun sendiri dapat mempengaruhi keputusan pembelian impulsif oleh konsumen melalui pembentukan suasana toko yang dikehendaki. Selama ini pembelian impulsif belum menjadi fokus penelitian utama terutama jika dihubungkan dengan keputusan konsumen yang dipengaruhi oleh pembentukan suasana toko. Penelitian ini akan mengambil sample konsumen yaitu pengunjung toko yang berada di Ambarukmo Plaza. Sample yang digunakan sebanyak 150 sample. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner sebanyak dua tahap. Tahap yang pertama dilakukan penyebaran sebanyak 30 kuesioner guna pengujian validitas dan reliabilitas, kemudian dilanjutkan penyebaran sebanyak 150 kuesioner sesuai dengan jumlah sample yang telah ditetapkan guna kepentingan analisis. Data yang digunakan adalah data primer melalui kuesioner yang disebarkan secara langsung Metode pengolahan data dan analisis menggunakan analisis regresi regresi berganda serta uji asumsi klasik yang terdiri dari uji multikolinieritas, uji heteroskesdastisitas, uji normalitas data, dan uji linieritas data. Uji ini digunakan agar model regresi yang dihasilkan tidak bias. Pengujian hipotesis menggunakan uji F dan uji t dengan taraf signifikansi 5%. Sedangkan untuk mengukur validitas dan reliabilitas digunakan product moment Pearson dan cronbach’s alpha serta untuk melakukan pengujian analisis statistik digunakan alat bantu yaitu program SPSS. Hasil penelitian yang didapatkan menjelaskan bahwa semua cues yang diteliti ternyata memberikan pengaruh positif terhadap keputusan pembelian secara impulsif oleh konsumen. Selain itu beberapa temuan menarik didapatkankan dalam penelitian ini antara lain social cues merupakan variabel yang paling rendah signifikansinya terhadap keputusan pembelian impulsif namun konsumen yang merasa tidak nyaman atau terganggu dalam kaitannya dengan social cues akan langsung merespon negatif dengan meninggalkan toko tersebut untuk pindah kepada toko lainnya. Saran yang dapat diajukan oleh peneliti adalah, praktisi dalam hal ini retailer dapat lebih memperhatikan ketiga variabel cues pembentuk suasana toko tersebut sehingga mampu membentuk suasana toko yang tidak saja menarik atau sesuai dengan brand image yang diinginkan, melainkan mampu mengarahkan konsumen untuk melakukan pembelian secara impulsif.

This paper planned to analyze the extent of the influence of store environment cues forming impulsive purchase decisions by consumers. Cues which meant there were three, namely: social cues, design cues and ambient cues that are jointly or alone can influence impulsive purchasing decisions by consumers through the establishment of the desired store atmosphere. During this impulsive purchases have become a major research focus, especially if associated with consumer decisions are influenced by the formation of store atmosphere. This study will take a sample of consumers that shoppers are Ambarukmo Plaza. Sample used as many as 150 samples. Data was collected by distributing questionnaires by two stages. The first phase of the deployment of as many as 30 questionnaires conducted in order to test the validity and reliability, then continued deployment of as many as 150 questionnaires according to the number of samples that have been established for the purpose of analysis. The data used are primary data through questionnaires distributed directly methods of data processing and analysis using multiple regression analysis and regression test consisting of classical assumption test multicollinearity, heteroskesdastisitas test, test data normality and linearity test data. This test is used for the resulting regression models are not biased. Testing the hypothesis using the F test and t test with significance level of 5%. Meanwhile, to measure the validity and reliability are used Pearson product moment and Cronbach's alpha as well for testing the statistical analysis used the SPSS tool. The results obtained explain that all the cues were studied turned out to have a positive influence on purchase decisions by consumers impulsively. Additionally didapatkankan some interesting findings in this study include social cues are the least variable significance to impulsive purchasing decisions but consumers who feel uncomfortable or disturbed in relation to social cues will immediately respond negatively to leave the store to move to other stores. Suggestions can be submitted by researchers, practitioners in this case retailers can pay more attention to these three variables cues forming the atmosphere of the store so as to form an atmosphere that is not only interesting shop or in accordance with the desired brand image, but is able to direct consumers to make impulsive purchases.

Kata Kunci : Suasana toko, social cues, design cues, ambient cues, pembelian impulsif


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.