Analisis Struktur Pasar dalam Mempengaruhi Kinerja Industri Telekomunikasi Selular: Studi Kasus di Telkomsel Regional VI Jawa Timur
Dendy Fikosasono, Dr. Bernardinus Maria Purwanto, M.B.A.
2013 | Tesis | S2 Magister ManajemenKetatnya persaingan industri telekomunikasi seluler di Indonesia menyebabkan setiap operator seluler harus memiliki strategi yang tepat untuk dapat terus bersaing dan mencapai tujuan perusahaan. Struktur industri telekomunikasi seiring dengan pertambahan tahun dan perubahan teknologi selalu mengalami perubahan. Melalui pendekatan Structure-Conduct-Performance (SCP), peneliti berusaha menganilisis pengaruh struktur pasar industri perusahaan telekomunikasi seluler terhadap kinerja yang dicapai perusahaan tersebut. Struktur pasar dalam hal ini melingkupi jumlah perusahaan, konsentrasi pasar, dan teknologi. Dengan mengetahui dinamika struktur pasar industri telekomunikasi seluler, peneliti mengharapkan struktur organisasi dan perilaku atau strategi yang diterapkan oleh operator seluler mempunyai keterkaitan dengan perubahan tersebut. Perilaku atau strategi yang diamati oleh peneliti adalah diferensiasi produk, harga, target pasar dan jejaring. Hal terakhir yang diamati peneliti adalah kinerja yang dicapai oleh operator seluler. Kinerja meliputi bidang operasional, pemasaran dan keuangan. Dengan mengetahui struktur pasar, perilaku dan kinerja dari suatu operator seluler, penulis ingin melihat keterkaitan antara struktur pasar tersebut dengan kinerja yang dicapai oleh suatu operator seluler.
Competition in mobile telecommunication industry in Indonesia has caused every mobile operator to have the right strategy to be able to continue to compete and achieve company goals. The structure of the telecommunications industry with increased years demand technology to always change. Through the approach of Structure-Conduct-Performance (SCP), researcher analyzed the influence of market structure of the mobile telecommunications industry performance achieved by companies. The market structure in this case covers the number of firms, market concentration, and technology. By knowing the dynamics of the mobile telecommunications industry market structure, researcher expected the organizational structure and behaviour or strategies adopted by mobile operators to be linked to the change. Behaviour or strategies observed by researcher are product differentiation, pricing, target markets and networks. The last thing the researcher observed was the performance achieved by the mobile operators. Performance includes the areas of operations, marketing and finance. By knowing the market structure, conduct and performance of a mobile operator, the researcher would like to see the relationship between the structure of the market and the performance achieved by any mobile operator.
Kata Kunci : Industri Telekomunikasi Seluler, SCP, Struktur Industri, Perilaku, Kinerja