Laporkan Masalah

Kajian Transformasi Perusahaan: Studi Pada PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk.

Dani Krishnamulya Ristandi, Ertambang Nahartyo, M.Sc, Ph.D.

2013 | Tesis | S2 Magister Manajemen

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji program transformasi yang sedang dan telah dilaksanakan PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk. (Telkom) dengan melihat lebih jauh faktor pendorong yang menjadi dasar diputuskannya program ini, dan bagaimana Telkom menjalankan program ini serta hasilnya pada periode tahun 2008-2011 ini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan jenis studi kasus. Data yang digunakan adalah data sekunder sebagai data utama ditambah dengan data primer sebagai data tambahan pelengkap. Selain itu studi literatur yang ekstensif dilakukan untuk mendukung semua temuan dan menentukan rerangka kerja yang tepat dalam penerapan manajemen perubahan khususnya tentang transformasi. Data sekunder dan primer serta studi literatur menunjukkan bahwa faktor pendoronng eksternal menjadi faktor penting dan dominan bagi Telkom untuk memutuskan melakukan transformasi. Selain itu transformasi Telkom adalah merupakan perubahan transformasional karena selain melibatkan proses, sistem, orang dan juga kultur. Dari sisi pencapaian transformasi ini menunjukkan hasil yang baik dengan indikasi pertumbuhan bisnis new wave yang semakin signifikan dibandingkan dengan bisnis legacy. Penelitian ini mempunyai keterbatasan yang tidak dapat dihindari yaitu jangka waktu program transformasi ini yang baru berjalan 4 tahun sejak tahun 2008 sampai 2011. Untuk mengatasi keterbatasan ini, penulis membatasi pada respon perusahaan dalam menghadapi kondisi usaha yang dialaminya dan melihat perubahan selama periode dilakukannya transformasi tersebut.

The purpose of this study is to examine the transformation program being implemented by PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk. (Telkom), and to see further about force of changes as basis of this program, also to observe how Telkom run this program as well as the results in the period 2008-2011. This research used descriptive research methods to the type of case study. The data used are secondary data as the main data coupled with primary data as additional data supplemented. Besides, the extensive literatures to support these findings and to determine the exact framework of the work in implementing change management in particular about the transformation. The secondary and primary data as well as literature studies indicate that factors external factor of force of changes become as important and dominant factors for Telkom to decide to do the transformation. Furthermore Telkom transformation is a transformational change because in addition involves the processes, systems, people and culture. In terms of achievement, this transformation showed good results with an indication of a new wave of business growth is increasingly significant as compared to legacy business. The research has limitations that can not be avoided that term transformation program that has been running for 4 years from 2008 to 2011. To overcome these limitations, the authors limit the company's response efforts in the face of conditions they experienced and saw the changes done during the transformation.

Kata Kunci : manajemen perubahan, perubahan transformasional, transformasi, faktor pendorong perubahan


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.