Laporkan Masalah

Strategi Produk Mekanisasi PT. Traktor Nusantara Untuk Perkebunan Kelapa Sawit

Cipto Haryono, Dr. Henry Yuliando, MM., M. Agr.

2013 | Tesis | S2 Magister Manajemen

Studi ini bertujuan mengkaji efektifitas pemasaran produk PT. Traktor Nusantara melalui inovasi berupa pengembangan produk mekanisasi dalam rangka memenuhi kebutuhan alat produksi di perkebunan kelapa sawit. Hal ini sejalan dengan tujuan PT Traktor Nusantara untuk meningkatkan penjualan produknya berdasarkan kualitas dan kuantitas yang mempunyai nilai jual yang lebih tinggi dibandingkan dengan kompetitor yang ada. Inovasi produk mekanisasi ini selain dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas, juga dapat mengatasi permasalahan ekspansi lahan di perkebunan dari tahun ke tahun yang cenderung semakin sulit. Dengan peluang pasar ini maka PT. Traktor Nusantara memilih strategi produk mekanisasi yang merupakan solusi efektif dalam pengelolaan perkebunan kelapa sawit. Sebagai produk yang bersifat customized, ujicoba diadakan pada PT. Astra Agro Lestari, Tbk yang berada dalam satu grup dengan PT Traktor Nusantara dibawah naungan Astra Group. PT. Astra Agro Lestari, Tbk memiliki kebun sawit yang tersebar diseluruh wilayah Indonesia sehingga diharapkan dengan keberhasilan penerapan produk mekanisasi ini maka dapat menjadi referensi dalam penerapan produk sejenis di perkebunan lain di seluruh Indonesia. Penelitian ini bersifat empiris eksperimental dimana penulis sebagai pelaku atas eksperimen pengembangan obyek penelitian. Sejak awal dan selama proses pengumpulan data, peneliti berusaha mengumpulkan data, melakukan verifikasi dan menganalisisnya untuk mencari tema hingga diperoleh hasil yang tepat bagi pengembangan produk mekanisasi sebagai strategi yang tepat bagi PT Traktor Nusantara. Hasil ujicoba produk mekanisasi yang dilakukan di PT. Astra Agro Lestari, Tbk memberikan fakta bahwa baik dari sisi operasional dan biaya, produk mekanisasi mampu memberikan hasil yang lebih baik atau dapat meningkatkan produktivitas di bidang pemeliharaan kebun dan panenannya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa strategi produk mekanisasi PT Traktor Nusantara efektif dalam memberikan nilai terbaik bagi perusahaan, baik untuk menghadapi persaingan dan menciptakan keunggulan kompetitif perusahaan.

This study aims to assess the effectiveness of product marketing PT. Traktor Nusantara through innovative product development in the form of mechanization in order to meet the needs of the means of production in oil palm plantations. This is in line with the goal of Traktor Nusantara is to increase sales of its products based on the quality and quantity of which have a higher selling price than the existing competitors. Product innovation, besides mechanization can increase efficiency and productivity, it can also overcome the problems in the plantation land expansion from year to year tends to be more difficult. With this market opportunity, PT. Traktor Nusantara choose mechanization product strategy is an effective solution in the management of oil palm plantations. For products that are customized, trial was held on the PT. Astra Agro Lestari Tbk, which is in a group with PT Traktor Nusantara under the auspices of the Astra Group. PT. Astra Agro Lestari Tbk has oil palm plantations spread across Indonesia that is expected with the successful implementation of this mechanization products, it can be referenced in the application of similar products in other plantations throughout Indonesia. Empirical research is experimental where as a principal author of the experimental development of the research object. From the beginning and throughout the process of data collection, the researchers attempted to collect data, verify and analyze it to find a theme to obtain exact results for the product development of mechanization as an appropriate strategy for PT Traktor Nusantara. Mechanization product test results conducted at PT. Astra Agro Lestari Tbk giving the fact that both the operational and cost, mechanized products can give better results or to increase productivity in the maintenance of gardens and crops. It can be concluded that the strategy of mechanization products Traktor Nusantara effective in providing the best value for the company, good for competition and create a competitive advantage of the company.

Kata Kunci : Inovasi, produk mekanisasi, customized, produktivitas


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.