Laporkan Masalah

Strategy Evaluation of Agriculture Companies (Case Study of X Company in Hybrid Corn Seeds Industry in Indonesia)

Saistyo Agi Hendiwiyarto, S. E, Dr. Agus Setiawan, M.Soc.Sc.

2013 | Tesis | S2 Magister Manajemen

Indonesia adalah negara kedua penghasil jagung terbesar di Asia seteleh Cina. Jagung adalah tanaman pangan terpenting kedua di Indonesia setelah padi. Industri ini memiliki potensi yang besar karena : Tingkat konsumsi jagung yang senantiasa meningkat dimana produksi lokal masih kurang, Jagung adalah penyumbang bahan mentah terbesar bagi industri pakan ternak, dimana peternakan saat ini juga meningkat dengan cepatnya, terakhir dengan meningkatnya harga minyak dunia, biofuel menjadi pilihan alternatif. Riset ini akan membahas bagaiamana Perusahaan X, salah satu Perusahaan Penghasil Benih Jagung dapat memperoleh bagian pasar. Saat ini, perusahaan ini hanya menjadi pemain keempat di pasar penghasil jagung dengan menguasai pangsa pasar. Pertanyaan Riset Utama adalah Apa yang menjadi strategi yang tepat bagi Perusahaan X dalam berkompetisi di Industri Benih Jagung Hibrida yang sesuai dengan visi dan misinya. Lebih lanjut lagi, riset ini akan membantu para pemegang keputusan di perusahaan ini dalam mengidentifikasi dan mengevaluasi faktor eksternal dan internal yang penting dalam memperoleh hasil yang diinginkan. Hasil dari riset ini adalah beberapa strategi alternatif yang diperoleh dari Matriks TOWS yang dievaluasi dari faktor-faktor eksternal dan internal perusahaan menggunakan EFAS dan IFAS.

Indonesia is the second biggest corn producers in Asia after China. Corn is the second most important food crops in Indonesia after rice. This industry has huge potential because: The Consumption of corn keeps increasing while the local production still not sufficient, corn is the biggest contributors in feed industry, in which currently livestock is growing rapidly, with the increasing of world oil price, biofuel become an alternative option. This research will discuss how X Company, one of the Seed Supplying Companies, strategizes to gain the market share. Currently, it is only being the fourth in the market share occupying 10% of market share. The main question of this research is What are the appropriate strategies to compete in hybrid corn seed industry that aligned with X Company’s vision and mission. Furthermore, this study will help the decision makers of this company in identify and evaluate its external and internal factors that important to gain an expected result. The result of this research is alternative strategies from TOWS Matrix that evaluated from the company’s external and internal factors using EFAS and IFAS.

Kata Kunci : Strategy, Porter’s Five Force, Value Chain Analysis, EFAS, IFAS, TOWS Matrix


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.