Laporkan Masalah

Strategi Declining Market Studi Kasus pada PT LP Displays

Ryan Permana, Amin Wibowo, M.B.A., Ph.D.

2013 | Tesis | S2 Magister Manajemen

Perkembangan teknologi LCD dan LED berdampak signifikan terhadap segmen pasar televisi tabung, nilai penjualan TV tabung mulai mengalami penurunan secara berkala. Situasi ini mulai menjadi ancaman serius bagi produsen TV tabung, khususnya PT LPD. LPD harus menetapkan strategi yang tepat agar perusahaan mempunyai competitive advantage dan menjadi market leader meskipun kondisi pasar yang decline. Penelitian dilakukan sejak tahun 2006 sampai 2010 di dalam perusahaan. Peneliti melakukan wawancara langsung dengan departemen terkait mulai dari level pimpinan hingga staff. Metode yang digunakan adalah menganalisis kondisi perusahaan saat ini dengan menggunakan matrik portofolio product lifecycle dan menentukan strategi yang tepat bagi perusahaan agar dapat terus bertahan dalam industri ini berdasarkan generic strategies. Meskipun industri ini sudah berada dalam tahap decline namun strategi yang dilakukan cukup efektif. LP Displays sudah tepat menerapkan low cost strategy di seluruh bisnis prosesnya dan dapat menyesuaikan tren pelanggan dengan memproduksi tabung tv yang lebih tipis sehingga mampu menciptakan pasar baru bagi pertumbuhan perusahaannya. Saat ini LP Displays sudah dalam tahap penurunan untuk menjadi perusahaan kelas dunia, sebaiknya LP Displays harus melakukan ekspansi yang sesuai kompetensinya. Untuk itu perusahaan harus melakukan perluasan bisnis dilakukan pada aktivitas yang berbeda namun tetap berhubungan dengan kompetensi perusahaan. Jika ini bisa dilakukan maka peluang sukses bisa tercapai serta kelangsungan hidup perusaahan akan lebih aman.

Rapid technological developments have a significant impact on the television industry. Conventional TV market is getting left behind as the market has begun to move into the digital age with the presence of the latest of technologies such as LCD, Plasma and LED with its more stylish and economical. The number of conventional TV manufacturers around the world are reduced due to the growth rate of digital TV which has none. One of the largest TV manufacturers which currently surviving is the LP Displays. TV tube products already on the stage of decline, but companies still survive in this industry. LP Displays persisted within industry as a tube TV look there is still a potential market in countries such as Eastern Europe and Asia and other markets of a number of major competitors which already divested. The purpose of this research is to analyze appropriate strategy for the company in the business industry that decline to be the market leader in business strategy and determine the steps in the future. Researchers using the Matrix Product Life Cycle as a tool to analyze the company's position. Appropriate business strategy for the company's future is determined by generic strategies.

Kata Kunci : competitive advantage, market leader, low cost strategy, decline, matrik portofolio product lifecycle, generic strategies


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.