Analisis Pengaruh Faktor-faktor Patronage Buying Motives pada Keputusan Konsumen untuk Menonton Film di BlitzMegaplex
Muhammad Arief Priowahono, Prof. Dr. Basu Swastha Dharmmesta, M.B.A.
2013 | Tesis | S2 Magister ManajemenIndustri hiburan di era globalisasi ini telah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Kebutuhan masyarakat akan hiburan sebagai sarana relaksasi semakin meningkat, dengan menonton film sebagai salah satu pilihannya. Berdasarkan data yang tersedia, sejak tahun 2004 jumlah pengunjung bioskop di wilayah Asia mengalami peningkatan yang cukup signifikan, termasuk di Indonesia. BlitzMegaplex sebagai salah satu jaringan bioskop di Indonesia, tidak berhenti untuk terus berinovasi dalam memberikan ragam layanan yang terbaik bagi konsumen bioskop tanah air, sekaligus dalam bersaing dengan penguasa jaringan bioskop di Indonesia yaitu grup 21 Cineplex. Salah satu ragam layanan yang ditawarkan adalah faktor-faktor patronage buying motives yang digunakan untuk menarik minat konsumen agar memilih BlitzMegaplex sebagai tempat untuk menonton film di bioskop. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian responden terhadap faktor-faktor patronage buying motives adalah baik pada dimensi shopping convenience, convenience location, promotion, dan in-store stimuli. Sedangkan pada dimensi additional services dan prices, responden memberikan nilai yang cukup. Berdasarkan koefisien determinasi simultan dan juga analisis regresi, seluruh dimensi dari faktor-faktor patronage buying motives memiliki pengaruh yang positif pada keputusan konsumen untuk menonton film di BlitzMegaplex. Dimensi yang paling dominan adalah convenient location. Artinya alasan utama responden untuk menonton film di BlitzMegaplex adalah faktor lokasi yang mudah dijangkau. Sehingga dapat direkomendasikan dalam strategi ekspansi ke depannya, bahwa faktor pemilihan lokasi dapat dijadikan pertimbangan utama dalam memperluas jaringan bioskop BlitzMegaplex di Indonesia.
The entertainment industry in this globalization era has been progressing very rapidly. The need of entertainment as a means of relaxation increases, with watching movies as one among the choices. Based on the available data, since 2004 the number of moviegoers in Asia has increased significantly, including in Indonesia. BlitzMegaplex as one of the cinema networks in Indonesia continues to innovate in providing the best range of services for their consumer, as well to compete with the market leader in Indonesia, the 21 Cineplex group. The kind range of services offered isthe patronage buying motives factors in order to attract consumers to choose Blitzmegaplex as the cinema to watch a movie. The results showed that the respondents's assessment of the partonage buying motives factors are good for the dimension of shopping convenience, convenience location, promotion, and in-store stimuli. While the dimensions of additional services and prices, respondents provide with fair value. Based on the simultaneous coefficient of determination and regression analysis, all of the dimensions of the patronage buying motives factors have a positive influence on the decision of consumers to watch a movie in Blitzmegaplex. The most dominant dimension is a convenient location. Means that the respondent's main reason for watching movies on Blitzmegaplex is the easy access of the location. So it can be recommended for the strategy of expansion in the future that the location selection factors can be used as a primary consideration in expanding the network of cinemas of Blitzmegaplex in Indonesia.
Kata Kunci : Bioskop, Motivasi, Patronage Buying Motives